Hari ini Pemkab Abdya Launching Perdana Vaksinasi Covid-19

oleh -30 views
Wakil Bupati Abdya Muslizar MT mengawali pemberian Vaksin Covid-19 didampingi Kadis kesehatan Safliati, SST, Mkes dan direktur RSU dr. Ismail Muhammad.

ABDYA, Rabu (10/2/2021) suaraindonesia-news.com – Dalam upaya memutus mata rantai pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar Launching Vaksinasi Covid-19 yang diikuti oleh unsur forkopimkab Kabupaten setempat.

Pemberian vaksinan ini sebagai upaya pemerintah untuk pencegahan sekaligus pengendalian dan mengurangi penularan Covid-19 dengan tujuan memperkuat imunitas pada diri seseorang.

Kegiatan launching vaksin Covid-19 diawali dengan pemberian Vaksinasi kepada penjabat publik seperti,Wakil Bupati Abdya Muslizar MT. Dandim 0110 Letkol Inf Arip Subagiyo, Kapolres AKBP M Nasution, SIK, Sekda Drs Thamrin, direktur RSU dr. Ismail Muhammad, kepala BPBK Amiruddin dan kadis kesehatan Safliati, SST, M.kes serta sejumlah pejabat lainnya.

Kepala dinas kesehatan (Dinkes) Abdya, Safliati dalam laporannya menyebutkan, bahwa pada hari  rabu 10 febuari 2021 bertempat di rumah sakit umum teungku peukan akan dilaksanakan pencanangan Vaksinasi Covid-19.

Lanjut Kadis, Pelaksanaan pencanaangan Vaksinasi Covid-19 sesuai dengan instruksi  Gubernur  Aceh Nomor ; 02 /INTR/2021 dan surat kepala dinas kesehatan Aceh : 010/252/II/2021 perihal percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Dan Vaksin ini Kata dia, diberikan kepada para pejabat yang dilaksanakan secara serentak di 21 (Dua puluh satu) pada setiap Kabupaten/Kota di Propinsi Aceh.

“Pada tanggal 1 februari dinas kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya menerima vaksin dari dinas Aceh sebanyak 1462, dan sudan didistribusi pada tanggal 14 (empat belas) fasilitas pelayanan kesehatan.

“Namun, pada tahap pertama vaksinasi ini untuk para penjabat dan tenaga kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya dengan jumlah tenaga kesehatan dijajaran dinas kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya sebanyak 1639 patugas termasuk RS,” sebut Safliati.

Lebih lanjut ia mengatakan, berdasarkan surat keputusan kepala dinas kesehatan Kabupaten Aceh Barat Daya Nomor : 440/18/SK/11/2021 ditetapkan 15 (lima belas) fasyankes yang akan melaksanakan vaksinasi. Covid-19 yang terdiri dari 13 (tiga belas) pukesmas di wilayah kerja dinas kesehatan Aceh Barat Daya rumah sakit umum teungku peukan dan klinik Polres Abdya dengan jumlah VAKSINATOR Sebanyak 75 (tujuh lima) tenaga kesehatan (5 org x 15 fasyankes).

Dijelaskannya, Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini merupakan sebagai bagian upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 yang sampai dengan saat ini kasus nya masih terjadi di sekitar kita dan vaksinasi Covid-19 penting dilakukan untuk memutus rantai penularan covid-19 .

“Jadi Pencegahan vaksinasi Covid-19 ini dilakukan setelah mendapat kan izin penggunaan  darurat emergency Use Authorization (EUA) dari badan POM  yang dikuluarkan tanggal 11  januari 2021 dan juga telah keluar fatwa dari majelis ulama Indonesia (MUI) NOMOR 2 tahun 2021 tentang produk Vaksin dari Sinovac yang menyatakan hukum nya Suci dan HalaL,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Abdya Muslizar, MT dalam sambutanya  juga mengajak semua lapisan, agar mau divaksinasi. Tujuannya, mata rantai Covid-19 ini segrera terputus, hingga tidak sampai ke Abdya lagi.

“Hingga saat ini Abdya sudah tidak ada kasus Covid-19, tapi kenapa bisa menjadi zona orange. Ternyata setelah diteliti ke Dinas Kesehatan Aceh, kita kurang mematuhi protokol kesehatan. Tapi dengan vaksinasi ini, semoga status Abdya akan menjadi zona hijau,” singkatnya.

Reporter : Nazli
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *