Hari Anak Nasional 2020, Kementrian PPPA dan KOMNAS PA Serahkan Bantuan Spesifik Kebutuhan Dasar Anak dan Perempuan

oleh -181 views
Deputy Perlindungan Anak bersama Kemen PPPA menyerahkan Bantuan kepada anak disaksasikan Sekjend Komnas Perlundungan Anak. (Foto : M. Habil Syah/SI).

DELI SERDANG, Selasa (14/07/2020) suaraindonesia-news.com – Untuk merangkai kegiatan Hari Anak Nasional 23 Juli 2020, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) bersama Komisi Nasional Perlindungan Anak (KOMNAS PA), Sabtu (11/07) menyerahkan Bantuan Sosial Spesifik Kebutuhan Dasar Bagi Anak dan Perempuan dalam menghadapi Pandemi Covid 19, hal itu dikatakan Ketua Umum KOMNAS PA Arist Medeka Sirait melalui sambungan aplikasi Whats Up selularnya kepada sejumlah media, Selasa (14/07).

100 paket bantuan Sosial Spesifik untuk kebutuhan dasar anak dan perempuan ini diserahkan secara simbolis kepada 100 anak-anak yang terpaksa bekerja menjadi pekerja pemulung, anak jalanan (the worst form of child labour) dan anak korban kekerasan dan perlakuan salah lainnya serta perempuan kehilangan perkerjaan di Kota Depok yang diorganisir Yayasan Sosial Karang Madya di Depok Sabtu (11/07) oleh Sekretaris Menteri (Sesmen) mewakili Menteri PPPA-RI didampingi Deputy Partisipasi Masyarakat dan Deputy Perlindungan Anak.

Kementrian PPPA dan Arist Merdeka Sirait, Ketua Umum KOMNAS Perlindungan Anak bersama Dhanang Sasongko dan Lia Katifah, Bayu Tedja Aji masing-masing sebagai Sekjend Komisioner dan Staff Komnas Perlindungan Anak.

Sesmen Kemen PPPA menyampaikan pesan Menteri bahwa dalam rangka memperingati Hari Nasional 2020 yang jatuh pada 23 Juli 2020, pemberian bantuan sosial kepada anak dan perempuan dilakukan pada hari ini Sabtu 11 Juli 2020 serentak secara nasional.

Aksi Nasional ini sebagai bukti kehadiran negara dan pemerintah untuk meringankan beban masyarakat dan keluarga yang saat ini sedang menghadapi pandemi Covid-19.

Bantuan spesifik untuk menjawab kebutuhan dasar anak dan perempuan dalam menghadapi pandemi covid-19 ini digalang berdasarkan kerjasama dunia usaha dan lembaga-lembaga peduli anak dan perempuan di Indonesia.

“Sebagai tanggungjawab pemerintah untuk bersama-sama meringankan beban masyarakat ini diwujudkan dalam bentuk pemberian bantuan sosial berupa natura kebutuhan dasar dari anak dan perempuan,” kata Sesmen PPPA.

Sesmen PPPA menyampaikan pesan moral Menteri pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak menyampaikan pesan moral kepada anak dan perempuan di seluruh Indonesia tetaplah Teguh menjalankan protokol kesehatan covid 19 tas dan menjaga anak-anak agar senantiasa anak dapat terhindar dari serangan virus Corona dan memberikan layanan terbaik bagi anak-anak selama dalam pengasuhan di rumah dan menghindari anak dari perlakuan salah.

Sementara itu Arist Merdeka Sirait dalam kata sambutannya dalam rangka memperingati hari anak nasional yang akan jatuh pada tanggal 23 juli menyampaikan pesan kepada anak diseluruh Indonesia agar menjadi Anak Indonesia yang Tangguh dalam melawan Covid-19.

Lebih jauh arist mengatakan, menjadi anak yang tangguh dan Teguh untuk melawan Covid-19 didukung oleh peran penuh para orang tua intuk mengajarkan kepada anak taat pada aturan-aturan atau protokol kesehatan covid-19 dengan cara mengajak anak-anak untuk menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan dengan cara mencuci tangan setiap saat dengan sabun, menjaga jarak dan tidak lupa ke manapun dan dalam situasi apapun tetap menggunakan masker.

“Karena dengan taat pada protokol kesehatan Covid-19 maka anak-anak terhindar dari serangan virus Corona yang mematikan itu”, ujar Arist.

Menurut Arist, menyampaikan pesannya khusus kepada perempuan yang hadir pada acara itu untuk mendapatkan kekebalan tubuh dan ketahanan tubuh jangan lupa memberikan ASI kepada anak-anaknya selain makanan tambahan lainnya.

Mentaati semua aturan-aturan yang dikeluarkan oleh badan dunia kesehatan yakni protokol kesehatan covid-19 dan mengajarkan kepada anak. Dan dalam rangka Hari anak Nasional 2020, Arist Merdeka Sirait selaku ketua Komnas Perlindungan Anak menyampaikan pesan moral anak marilah masyarajat dan keluarga menggunakan tema hari anak nasional “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” sebagai dasar komitmen kita mengajarkan kepada anak Indonesia melawan pandemi Covid-19.

Dalam menggapai cita-cita Indonesia maju maka anak mesti sehat, cerdas, cermat, teguh dan kuat serta mempunyai intelektual yang tinggi dan semangat nasionalisme tangguh, demikian pesan moral Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak kepada seluruh anak Indonesia.

Pemberian bantuan sosial spesifik kebutuhan dasar anak dan perempuan ini diawali dan diakhiri dengan bermain “ice breacker” yang dipimpin oleh Lia Latifa salah seorang Komisioner Komnas Perlindungan Anak dan diselingi dengan pembagian hadiah bagi anak-anak yang dapat menjawab beberapa pertanyaan yang di ajukan Deputy Perlindungan Anak dan Deputy Partisipasi Masyarakat kepada anak-anak.

Menyambut dan rangkaian kegiatan HAN 2020 ini Penyerahan Bantuan Spesifik kebutuhan dasar anak dan perempuan ini akan dilanjut penyerahannya untuk anak dan penyerahannya di Bekasi, Muara Gembong, Bekasi, komunitas Anak di Cipinang dan pada perayaan Puncak Hari Anak Nasional yang diselenggarakan oleh Komnas Perlindungan Anak di sekretariat Komnas Perlindungan Anak di Jakarta Timur 23 Juli 2020.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Amin
Publisher : Ela

One thought on “Hari Anak Nasional 2020, Kementrian PPPA dan KOMNAS PA Serahkan Bantuan Spesifik Kebutuhan Dasar Anak dan Perempuan

Tinggalkan Balasan