Harga Tembakau Murah, Petani Rubaru Tagih Janji Bupati Sumenep

oleh -118 views
Petani tembakau Desa Karang Nangka Rubaru saat memanen Tembakau. Jumat (3/9/2021).

SUMENEP, Kamis (2/9/2021) suaraindonesia-news.com – Memasuki panen raya, harga tembakau kering di tingkat petani di Kabupaten Sumenep cenderung murah. Membuat petani merugi, karena harga tidak bisa menutup biaya tanam.

Hasim (52), petani tembakau asal Desa Karangnangka Kecamatan Rubaru Kabupaten Sumenep mengatakan bahwa hasil panen tembakaunya laku dengan harga Rp 33 ribu perkilonya.

“Sebetulnya harga segitu bagi petani masih terhitung rugi kalau dihitung modal yang dikeluarkan selama perawatan kurang lebih tiga bulan, tapi mau diapakan lagi,” katanya.

Hal senada dirasakan, Abdurrahman (30). Petani tembakau atau yang dulu dikenal dengan sebutan daun emas ini, mengaku harga tembakau saat ini murah. Hanya dipatok di kisaran harga Rp 38 ribu per kilogramnya.

“Punya saya juga kemaren dibeli dengan harga Rp38ribu perkilonya”, ungkapnya, Jumat (3/9/2021).

Harga tembakau tahun 2021 tidak berbanding lurus dengan komitmen Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. Pasalnya, saat itu Achmad Fauzi berjanji diawal pemerintahannya berkomitmen mensejahterakan petani tembakau.

Janjinya bukan hanya itu, namun berjanji akan membentuk peraturan daerah (Perda) sebagai payung hukum guna meningkatkan kesejahteraan petani tembakau.

Achmad Fauzi menilai bahwa Raperda bagian dari melindungi petani tembakau Sumenep, makanya dibuat perlindungan hukum yang bisa mengayomi masyarakat petani tembakau. Komitmen tersebut dilontarkan pada acara sidang paripurna, sabtu (27/3/2021) tujuh bulan yang lalu.

Namun, realisasi nya sampai saat ini belum di rasakan para petani

Reporter : Sudirman
Editor : Moh Hasanuddin
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *