Hakim Tolak Gugatan Pemohon, Polres Sumenep Menang Praperadilan Tipikor Gedung Dinkes

oleh -366 views
Suasana praperadilan kasus Tindak Pidana Korupsi gedung Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep.

SUMENEP, Rabu (1/4/2020) suaraindonesia-news.com – Putusan terkait praperadilan kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) gedung Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep pada akhirnya dimenangkan oleh Polres Sumenep, hakim menolak gugatan pemohon, dan menetapkan Imam Mahmudi sah menjadi sebagai tersangka.

“Sidang praperadilan sudah usai, tergantung pada gugatan pihak pemohon dalam hal ini tersangka kasus Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep jadi dimenangkan oleh pihak Polres bahwa tuntutan dari pihak pemohon itu ditolak,” kata Kasatreskrim Polres Sumenep, Oscar S. Setjo setelah sidang praperadilan di Pengadilan Negeri (PN) Sumenep, Rabu (1/4).

Tambah Oscar, pihaknya menjelaskan bahwa dalam praperadilan Polres Sumenep menang, karena hakim tunggal mengetok palu pada meja hijau dan menyatakan Imam Mahmudi sah sebagai tersangka serta menolak gugatan pemohon. Ia menyampaikan tindakan selanjutnya merencanakan melengkapi berkasnya.

“Jadi untuk penetapan tersangka Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) gedung Dinkes berdasarkan sidang praperadilan sudah sah secara hukum. Langkah selanjutnya kita akan melengkapi secara Formil dan Materil berdasarkan petunjuk P19 dari kejaksaan,” jelasnya.

Saat berlangsungnya sidang pada pukul 10.00 Wib tadi di Pengadilan Negeri (PN) Sumenep, dari hakim menolak gugatan praperadilan yang diajukan pemohon Imam Mahmudi atas penetapan status tersangka dirinya dalam kasus dugaan korupsi proyek pembangunan gedung Dinas Kesehatan Sumenep.

“Menolak praperadilan pemohon untuk seluruhnya,” kata Firdaus pada awak media disela mau melanjutkan sidang.

Dari semua dalil yang diujikan pemohon hakim menyampaikan tidak terbukti. Pada hal ini, hakim menetapkan Imam Mahmudi sah sebagai tersangka. Perlu diketahui dari pihak penyidikan oleh Polres Sumenep sudah mengikuti prosedur.

“Berdasarkan bukti-bukti yang diajukan para pihak, hakim menyimpulkan proses penetapan pemohon sebagai tersangka sudah sesuai KUHP,” tandasnya.

Reporter : Dayat
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *