Gubernur Jatim: Dermaga Tanjung Tembaga Bisa Menjadi Sentra Perdagangan Dalam dan Luar Negeri

oleh -56 views
Foto : Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin saat kunjungi Dermaga Tanjung Tembaga yang dikelola oleh PT DABN, Kamis (31/12/20).

PROBOLINGGO, Kamis (31/12/2020) suaraindonesia-news.com – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawamsa dalam lawatan kunjungan kerjanya dipenghujung tahun 2020 mengunjungi kegiatan bongkar muat di Dermaga Tanjung Tembaga Baru Probolinggo yang dikelola oleh PT Delta Artha Bahari Nusantara (DABN), anak perusahaan PT Petrogas Jatim Utama yang merupakan salah satu BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Kamis (31/12).

“Pelabuhan Tanjung Tembaga, yang dikelola oleh PT DABN ini dianggab sebagai area yang sangat strategis dengan kedalaman yang memungkinkan bisa disandari kapal-kapal yang cukup besar,” ujar Gubernur Jaw Timur Khofifah Indar Parawansa saat di Dermaga Tanjung Tembaga Baru Probolinggo.

Kalau kapal Pos Panamas yang kapasitasnya bisa 35000 ton ini bisa bersandar di pelabuhan ini, sebetulnya kapal ini butuh pelabuhan yang kedalamannya min 16 meter, itu lebih longgar, sambungnya. Kapal-kapal besar seperti ini kita juga berharap PLCC (sistem komunikasi) bisa disini.

“Pelabuhan ini yang menarik adalah break waternya itu. Karena kata pakar didepan ada pulau-pulau madaura. Ini menjadi break water alami yang bisa mencegah sidementasi (proses pengendapan material yang ditranfer oleh media air),” jelas Khofifah.

Sehingga menurutnya dermaga Tanjung Tembaga Baru Probolinggo ini sebetulnya memiliki peluang untuk bisa dikembagkan sebagai pelabuhan andalan, tidak hanya Jawa Timur tetapi di Indonesia.

“Salah satu pelabuhan yang memungkinkan bisa menjadi sentra untuk perdagangan dalam dan luar negeri yang lebih signifikan. Karena Tanjung Perak sudah tinggi sekali gradenya,” kata Khofifah.

Ia katakan, dalam keadaan seperti ini saja produksifitas bongkar muat yang ada disini sudah mengalami peningkatan cukup signifikan.

Kalau tahun 2019 lalu tonasenya 1,1 juta ton, tahun 2020 ini ditengah pandemi Covid saja sudah mencapai 1,6 juta ton. Jadi ada kenaikan sekitar 52%. Kita berharap tahun depan kenaikannya minimal 79% .

“Jadi saya ingin memastikan bahwa seluruh proses bisa kita siapkan segala sesuatunya dengan well prepared. Termasuk adalah kemungkinan pengembangan secara lebih strategis. Karena ini juga masuk dalam Perpres 80 Tahun 2019,” tandas orang nomor satu di Jawa Timur ini.

Sementara Kadishub Provinsi Jawa Timur, Nyono menambahkan, kunjungan Ibu Gubernur Jawa Timur ke Dermaga Tanjung Tembaga Probolinggo ini adalah tentetan dari kunjungan Ibu Gubernur atas rencana proyek-proyek yang akan didanai oleh PT SMI.

“Tadi sebelumnya di Arjasa Kabupaten Jember ada rentetan dari proyek yang didanai oleh PT SMI. Kemudian Ibu Gubernur meninjau Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo meninjau kegiatan bongkar muat yang rencananya nanti kita akan pinjam juga di PT SMI untuk pengembangan Pelabuhan Tanjung Tembaga,” jelas Nyono.

Pelabuhan yang dikelola oleh PT DABN yang ada sekarang ini, lanjut Nyono, adalah Dermaga-1 dengan kedalaman 5-6 meter, panjang 93 meter, lebar 31 meter.

Kemudian Dermaga-2 dengan kedalaman 11-12 meter, panjang 306 meter, lebar 41 meter, dengan kekuatan maksimal 35.000 dwt.

Untuk pengembangan nanti kedepan itu ada jembatan sepanjang 1,5 km. Dengan rencana bangunan dermaga sepanjang 2 km, lebar 81 meter, dengan kedalaman min 16 meter. Dan ini study survey kelayaan (SS) sudah ada di Dishub Provinsi. Sekarang ini jembatan sepanjang 1,5 km sudah kita bangun, transtel (jembatannya) sepanjang 2 km.

“SS sudah ada tinggal detail desainnya saja. Karena di posisi min 16 meter itu harus ada hydro study, hydro oceana graphy yang terkait gelombang yang ada ditengah laut ini,” terang Nyono.

Nyono juga jelaskan, selama pandemi progres DABN sangat bagus dan kebanyakan untuk angkutan cargo, angkutan laut tidak terpengaruh oleh pandemi.

“Jadi dari progres naik 52% dari progres 1,1 juta ton pada tahun 2019 menjadi 1,6 juta ton di tahun 2020. Target dari DABN sendiri kita inginkan kenaikannya 200%,” tandas Kadishub Provinsi Jatim ini.

Ikut mendampingi lawatan kunjungan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Pelabuhan/Dermaga Tanjung Tembaga Probolinggo yang dikelola oleh PT DABN adalah Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin beserta Sekda Kota drg Ninik Ira Wibawati dan Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Probolinggo Setyo Rinisayekti.

Reporter : Singgih Widjanarko
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *