GTP Tanam Pohon Awal Tahun 2020 di Museum Perjuangan Bogor

oleh -108 views
Inisiator GTP Heri Cahyono saat memberikan pohon yang hendak ditanam.

BOGOR, Minggu (13/01/2020) suaraindonesia-news.com – Penggiat Gerakan Tanam Pohon (GTP) kembali melakukan rutinitas penanaman setiap hari Minggu. Pada awal tahun 2020 ini, penggiat GTP menanam ke 232 di halaman museum perjuangan jalan merdeka Kota Bogor, Minggu (12/01).

Penanaman di awal tahun ini dilakukan ditengah tengah terjadinya peristiwa banjir di beberapa daerah akibat curah hujan yang tinggi, banjir yang melanda di beberapa tempat dan menerjang perumahan penduduk, menghancurkan rumah dan harta yang menyisakan kepedihan, renteten musibah tersebut menyadarkan kita untuk terus merawat bumi dan alam ini agar keseimbangan alam terus terjaga, jika pohon pohon berkurang maka tentu akan berpengaruh juga terhadap aliran air yang turun dari hujan dari hulu ke hilir, demikian disampaikan salah satu inisiator GTP, Heri Cahyono, MM.

Menurut alumni IPB angkatan 28 ini, tujuan menanam pohon di lingkungan museum ini, diharapkan dapat membantu memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

“Tap hari kita lewat di sini, suasananya gersang, mungkin dengan di tanami pohon ketapang kencana, lingkungannya menjadi asri dan sejuk dan diharapkan pengunjung makin banyak, kita juga berharap anak anak kita bisa belajar dari sini, belajar melihat fakta fakta sejarah perjuangan para pahlawan, sehingga anak anak kita, juga kita sendiri tentunya makin bertanggung jawab dan makin giat dalam membangun kota bogor ini,” ungkapnya.

Pada saat penanaman ke 232 ini turut hadir bikers FKPPI lengkap dengan jajarannya. Salah satu perwakilam bikers FKPPI Adi Nagara mengatakan bahwa menanam pohon mutlak digelorakan karena ini penting bagi kehidupan kita, apalagi bencana bencana marak terjadi disekitar kita yang tentu kita yakini karena kita kurang merawat alam.

Dikataka Adi Nagara, hari ini bikers FKPPI hadir di acara GTP di museum ini sebagai komitmen FKPPI bersama GTP untuk terus hadir.

“Lokasi ini adalah tempat dimana dulu senior senior kami berjuang memerdekakan RI, menjadi kewajiban kami untuk melestarikan warisan sejarah yang ada di museum ini,” terangnya.

Sementara Ketua PPM Kota Bogor, Fajar Cahyana mengatakan bahwa dorongan penanaman pohon justru datang dari luar negeri.

“Beberapa hari yang lalu saya hadir diacara di IPB disana dibahas pentingnya mendorong pemerintah kota bogor giat menanam pohon, disitu saya justru merasa bangga bahwa kota bogor sudah merintis gerakan tanam pohon sebelum ide dorongan itu disampaikan,” ujarnya.

Ketua RAPI kota bogor ayif Mohamad juga memberikan apresiasi terhadap banyaknya kepedulian warga di acara GTP ini.

“Inilah bukti bahwa kita cinta kota bogor dan rasa cinta itulah diwujudkan dengan kerja nyata berkontribusi nyata menanam pohon,” imbuhnya.

Perwakilan dari museum perjuangan, Beni memberikan sambutan dengan mengucapkan rasa terimakasihnya kepada GTP.

“Museum ini milik warga kota bogor, di dalamnya tersimpan benda bersejarah maka kita harus sama sama lestarikan dan rawat dengan baik agara anak cucu kita bisa belajar dari sini,” katanya.

Penanaman pohon pada hari ini di tutup dengam berkeliling ruangan museum, pohon yang ditanam adalah ketapang kencana dan beberapa pohon buah buahan.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *