Grobogan Mendapatkan Predikat Kabupaten Peduli HAM

oleh -12 views
Grobogan Mendapatkan Predikat Kabupaten Peduli HAM

GROBOGAN, Rabu (13/12/2017) suaraindonesia-news.com – Kabupaten Grobogan menerima predikat penghargaan sebagai Kabupaten dan Kota yang peduli hak asasi manusia (HAM).

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati Grobogan Sri Sumarni dalam peringatan Hari Hak Asasi Manusia Sedunia yang ke 69 tahun 2017, dan penghargaan sebagai Kabupaten dan Kota peduli hak asasi manusia langsung dari Presiden Joko Widodo, yang diselenggarakan di Hotel The Sunan Surakarta, Minggu, (10 Desember 2017).

Menurut Bupati Grobogan Sri Sumarni, menerima penghargaan sebagai Kabupaten dan Kota yang peduli hak asasi manusia, merupakan bentuk komitmen, kewajiban dan tanggung jawab Pemerintah Daerah dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM (P5HAM).

“Kami sangat bersyukur atas penerimaan penghargaan yang diterima oleh Kabupaten Grobogan. dan pencapaian prestasi ini berkat gotong royong bersama Pemkab Grobogan dan beberapa instansi terkait, untuk selalu memberikan hak yang sesuai untuk masyarakat Grobogan,” kata Sri Sumarni.

Apa yang diamanatkan dalam Undang Undang No.39 tahun 1999 tentang HAM, serta Permenkumham No.34 tahun 2016 tentang kreteria Daerah Kabupaten dan Kota peduli HAM. Adapun kreteria dan penelaian Kabupaten dan Kota yang dijadikan sebagai peduli HAM, didasarkan pada terpenuhinya, hak atas kesehatan, pendidikan, perempuan dan anak, kependudukan, pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan.

Penerimaan penghargaan yang diterima pada 2017 ini merupakan yang keempat kalinya, sebelumnya penghargaan yang sama diterima secara berturut turut, yakni pada tahun 2013 – 2014, 2014 – 2015, dan 2015 – 2016.

“Setelah menerima penghargaan Kabupaten dan Kota peduli HAM ini, kami akan terus berjuang memberikan hak yang layak kepada masyarakat. Kami dan OPD terkait yang menangani akan turun ke bawah untuk masyarakat agar menerima hak haknya,” ujar Sri Sumarni.

Penghargaan Kategori Kabupaten dan Kota peduli HAM diberikan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Presiden Joko Widodo memberikan penghargaan untuk tingkat Provinsi. (Miftakh/Panji)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *