Geuchik Batee Puteh, Membangun Kandang Ayam Demi Penambahan Kas Desa

oleh -117 views

Reporter: Rusdi Hanafiah

Langsa Acehsuaraindonesia-news.com – Berdirinya Kandang Ayam setelah dilakukan berbagai terobosan izin melalui semua pihak yang dijalankan oleh Geuchik Gampong Batee Puteh, melalui penggunaan anggaran Desa, sebesar 400 juta rupiah, dengan potongan pajak PPN/PPH sebesar 11,5 untuk membangun kandang dalam tujuan demi pemasukan ekonomi Kas Desa, melalui hasil ayam potong yang diperoleh nantinya menjadi Kas Desa. Sehingga bisa terus berkembang sesuai kesepakatan bersama antara Geuchik, Tuha Peut, Tokoh Pemuda dan Masyarakat setelah duduk setikar dengan semua perangkat dalam pemerintahan Gampong Batee Puteh di Kecamatan Langsa Lama.

Berdasarkan musyawarah Gampong atas kepakatan itu, maka saya selaku Geuchik membangun Kandang Ayam yang dikerjakan oleh pihak rekanan (sebagai pengelola) dengan bagi hasil untuk desa menerima 3 persen, untuk pengelola kita berikan 1 persen, maka pelaksanaan ini terwujud  pembangunannya,” Ungkap Sulaiman, Kepada Wartawan Rabu (13/7/2016).

Geuchik Batee Puteh, saat ditemukan Wartawan di kediamannya itu, menjelaskan sejak dia duduk menjabat Geuchik, Yakni. Terus berupaya sebaik mungkin, agar pemasukan kas Desa bisa berkembang Sebagai mana tanggung jawabnya dalam mengelola asset desa yang telah disalurkan oleh Pemerintah Pusat, begitupun dari Pemko Langsa. Hal ini sebagai wujud keperdulian Pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat. ” ucapnya.

Kandang Ayam kami bangun se-ukuran 9000 ekor ayam potong, terletak diatas tanah milik masyarakat dengan kontrakan selama 5 tahun sebesar 25 juta rupiah, atas persetujuan Notaris selama kami masih mengunakan pembangunan tersebut, pemilik lahan juga memberikan perpanjangan kontrak kedepan untuk kepentingan Desa yang sekarang ini, kandang ayam terletak di lokasi Alue Jreng, Gampong Batee Puteh Kemukiman Langsa Lama.

“Terkait wabah lalat jika kandang ayam mulai dioperasikan, apakah bisa menimbulkan keresahan masyarakat, Geuchik menjawab berdasarkan pembangunan tersebut, kandang ayam tidak berdekatan dengan rumah penduduk, letaknya berjauhan dengan rumah warga yang ada di sekitarnya, jarak lokasi berkisar 1 Km, hal ini sudah kita bicarakan antara perangkat Gampong dan tokoh masyarakat untuk tidak terjadi keresahan masyarakat Gampong Batee Puteh.”Paparnya.

Lanjut Sulaiman lagi, Salah satunya lagi diantara kami membangun kandang ayam, juga kami sebelumnya telah membuat satu Pangkalan Gas Elpiji yang mendapatkan izin dari persetujuan PT. Pertamina Galon Harapan Langsa, sekarang desa kami sudah mempunyai pangkalan sendiri untuk penambahan Kas Desa sehingga kedepan bisa membantu meringankan kebutuhan beras miskin yang diperlukan masyarakat Gampong Batee Puteh.”Imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *