Gedung Cath Lab RSUD Langsa Dibangun Oleh Badan KSO Dibawah Pengawasan BAPETEN

oleh -372 views
dr Akbar saat memberikan keterang Pers terkait Gedung Chatarisasi Jantung yang sudah diresmikan, Selasa (25/4/2017).

Reporter: Rusdi Hanafiah

Langsa-Aceh, Selasa (25/4/2017) suaraindonesia-news.com – Pembangunan Gedung Cath Lab untuk pasien jantung yang telah di bangun oleh Badan KSO karena adanya ruangan kosong dan tidak harus mengeluarkan dana untuk keperluan Gedung tersebut di RSUD Langsa, sehingga Gedung Cath Lab pasien jantung sekarang ini dapat membantu masyarakat daerah setempat.

Kabag Humas Helmiza Fahri melalui dr Akbar dan Staf Humas Ivo Lestari di RSUD mengatakan  Gedung Cath Lab Jantung RSUD Langsa Akan Segera Di Operasionalkan di Rumah Sakit Umum Langsa yang baru saja diresmikan oleh Walikota Langsa pada 13 Februari 2017 yang lalu, di duga oleh sebagian publik menyalahi Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 24 Tahun 2016 tentang Persyaratan Teknis Bangunan dan Prasarana Rumah Sakit di bantah oleh pihak manejemen RSUD Langsa.

Tambahnya lagi menyangkut gedung Cath Lab jantung Pemerintah Daerah dan RSUD dalam hal ini tidak di rugikan, sebab pembangunan, alat, dokter, semuanya di tanggung oleh pihak Kerja Sama Operasional (KSO) dalam hal ini pemilik alat. RSUD hanya menyediakan Lahan saja.

Dinjelaskannya, kewenangan oprerasional Cath Lab jantung tersebut ada pada Badan Pengawasan Nuklir (BAPETEN), sehingga masyarakat tidak boleh ragu terhadap operasional caht Lab jantung yang ada di RSUD Langsa.

Lebih lanjut ia mengatakan, kerjasama cant Lab jantung seperti ini ( KSO ) sudah dilakukan dengan beberapa Rumah sakit Umum ternama di Indonesia,

“Meskipun Cath Lab jantung sudah di resmikan oleh Wali Kota Langsa pada 13 Februari 2017 lalu, namun Cath Lab tersebut belum di oprerasionalkan karena belum mendapatkan persetujuan dari Bapeten,” ujarnya.

Ia juga menyebutkan, dengan adanya Cath Lab di RSUD Langsa masyarakat sangat di untungkan, karena masyarakat tidak perlu jauh jauh lagi untuk berobat jantung. Karena di RSUD Langsa sudah memiliki alat yang sangat memadai.

“Selama ini masyarakat penderita penyakit jantung hanya bisa di layani seminggu dua kali di RSUD Langsa,dengan tersedianya fasilitas ini masyarakat bisa di layani setiap hari,” ungkapnya.

Dikatakannya, Untuk menyiapkan hal tersebut saat ini telah di kirim beberapa tenaga medis untuk di didik di Bidang Spesipikasi jantung yang akan bekerja di cath Lab jantung tersebut.

 Dengan adanya kerja sama tersebut, Pemerintah Daerah dan RSUD Langsa akan memperoleh kontribusi pendapatan berdasarkan MOU antara RSUD dan Badan KSO,” tutup dr Akbar.

Tinggalkan Balasan