Gandeng Pegadaian Syariah, Cara Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Sumenep Bangkitkan Ekonomi Rakyat

oleh -6 views
Foto: Sosialisasi Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Sumenep bersama Pegadaian Syariah setempat, Jumat (6/10/2023) kemarin. (Istimewa/SI)

SUMENEP, Senin (16/10/2023) suaraindonesia-news.com – Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terus melakukan terobosan demi membangkitkan ekonomi masyarakat Sumenep, salah satunya dengan menjalin kemitraan dengan Pegadaian Syariah Cabang setempat.

Hal itu dilakukan dalam upaya pemberdayaan UMKM yang ada di Kabupaten Sumenep. Acara tersebut berlangsung pada Jumat, 6 Oktober 2023 kemarin, di Aula dinas setempat.

Para pelaku UMKM nantinya akan mendapatkan permodalan dari Pegadaian Syariah Cabang Sumenep.

Kegiatan pertama, Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Sumenep menggelar sosialisasi program Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah kepada pelaku UMKM dengan mendatangkan pihak pegadaian sebagai mitra.

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Sumenep, Chainur Rasyid, menyambut baik apa yang menjadi niat Pegadaian Syariah Cabang Sumenep untuk ikut serta berkontribusi dalam memajukan dan meningkatkan gairah UMKM.

Baca Juga: UMKM Terus Bertambah, Kepala Diskop UMKM dan Perindag Sumenep: Bukti Kemajuan UMKM Kita

“Tawaran dari Pegadaian Syariah ini cukup bagus bagi para pelaku UMKM yang memang butuh tambahan modal, bunganya sangat kecil sekali. Hanya di angka nol koma persen,” kata Chainur Rasyid, Jumat (13/10).

Sejauh ini, pihaknya akan terus mendorong para pelaku UMKM untuk melengkapi setiap kekurangan atau perizinan usahanya.

Sebab, hal itu sebagai salah satu persyaratan yang harus disiapkan ketika nanti membutuhkan modal pinjaman.

“Ini juga merupakan kesempatan bagi para UMKM untuk mengurus izin usahanya. Bahkan pihak pegadaian siap membantu pengurusan izin seperti NIB. Jadi pelaku UMKM tidak hanya dapat bantuan modal tapi juga pengurusan izin gratis,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pasar Dinas Koperasi UMKM dan Perindag Sumenep, Moh. Idham mengatakan, apa yang ditawarkan Pegadaian Syariah menjadi angin segar untuk para pelaku UMKM, sebab ada pinjaman tanpa jaminan atau agunan.

“Jadi pada prinsipnya apa yang disampaikan atau yang ditawarkan Pegadaian Syariah ini adalah peluang bagi para pelaku UMKM, tentu kami sangat menyambutnya dengan seluas mungkin. Maka dari itu, para pelaku UMKM dari sekarang harus mempersiapkan semua termasuk izinnya,” kata Idham.

Reporter : Ari
Editor : Wakid Maulana
Publisher : Amin

Tinggalkan Balasan