Gali Potensi Wisata, Warga Bumiaji Gelar Kirap Nyawiji Sengkuyung

Peserta kirap dari desa Bumiaji Kecamatan Bumiaji.

KOTA BATU, Minggu (28/7/2019) suaraindonesia-news.com – Warga Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur yang berasal dari sembilan Desa yang tergabung dalam komunitas persaudaraan yang diberi nama Sengkuyung Bumiaji, komunitas kesenian, kebudayaan dan pengelola wisata, Minggu (28/7/2019) siang, menggelar kirap Nyawiji Sengkuyung Bumiaji.

Kirap bernuansa tempo dulu ini sangat menarik perhatian masyarakat luas lantaran kegiatan kirap Nyawiji Sengkuyung Bumiaji tidak hanya melestarikan kesenian dan budaya lokal, tetapi juga mempromosikan dan mengenalkan potensi wisata di Sembilan desa di kecamatan Bumiaji.

Mujiono anggota LPMD Desa Sumber Brantas mengatakan bahwa Desanya selain menampilkan budaya lokal juga menampilkan berbagai makanan olahan produk hasil bumi yakni menonjolkan produk pertanian seperti kentang Brokoli, Sawi, wortel, Sawi Putih dan Kubis.

“Desa Kami juga menampilkan hasil bumi seperti brownis kentang, Kripik brongkoli, kripik wortel dan minuman sari terong belanda,” kata Mujiono. Minggu (28/7).

Sementara itu, ketua Panitia Kirab Nyawiji Sengkuyung Bumiaji Faris Nur Antoni mengatakan tujuan digelarnya kirap ini adalah untuk menyambut wisatawan di kecamatan Bumiaji. Oleh karenanya setiap Desa menampilkan potensi desa masing-masing.

“Karena setiap Desa hasil buminya tidak sama, hasil olahan bumi pun juga tidak sama, maka dengan ditampilkan ini, masyarakat tahu potensi alam dimasing-masing Desa,” kata Faris.

Ditambahkan Camat Bumiaji, Aditya Prasaja S.STP MAP bahwa di lokasi Wisata Sembilan Desa ini juga dijual berbagai produk Desa. Hal ini sesuai dengan program Kecamatan Bumiaji bahwa satu Desa memiliki satu produk andalam atau one Village One Produk.

“Selamat datang di Secret valley Bumiaji, pengunjung yang datang ke tempat ini termasuk orang beruntung karena tempat ini merupakan lokasi yang rahasia,” kata Aditya Prasaja.

Sedang Walikota Batu, Dra.Hj.Dewanti Rumpoko, M.Si mengapresiasi upaya Pemerintah Kecamatan Bumiaji dalam memberdayakan potensi dari 9 Desa yang ada. Dengan membentuk komunitas persaudaraan yang diberi nama Sengkuyung Bumiaji.

“Saat ini baru Kecamatan Bumiaji yang bergerak untuk mewujudkan Desa Berdaya dengan menggali potensi yang dimiliki, semoga hal inibisa menginspirasi bagi Kecamatan yang lain,” ujar Dewanti Rumpoko.

Walikota menginstruksikan agar semua pihak untuk memberikan dukungan gerakan penggalian potensi wisata masyarakat ini dengan menyiapkan fasilitas. Ia berharap agar ke depan terus dilakukan evaluasi dan penambahan sarana prasarana wisata.

Adapun pembuatan Paket Wisata 9 Desa kata dia, ini murni diinisiasi oleh warga masing-masing Desa. Kemudian keberadaan Sengkuyung Bumiaji menjadi wadah bersama untuk memberikan dukungan dan pendampingan sehingga potensi wisata ini bisa terwujud dalam paket Wisata Sembilan Desa.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Mariska

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here