FSB Mendaftar Jadi Relawan Penanganan Virus Corona

oleh
Foto rapat jajaran Pembina Dan Pengurus Forum Sampang Bersatu (FSB).

SAMPANG, Rabu (25/3/2020) suaraindonesia-news.com – Menyikapi penyebaran virus Corona atau Covid 19, yang semakin mengganas di Indonesia juga di wilayah Kabupaten Sampang, mengugah hati para pengurus Forum Sampang Bersatu (FSB) untuk membantu Pemkab Sampang melakukan tindakan nyata dilapangan. Untuk itu, Selasa malam pukul 19.00 WIB, jajaran Pembina dan Pengurus FSB melakukan rapat terbatas di rumah makan Sae Selera.

Dalam rapat tersebut, melalui pembahasan panjang akhirnya disepakati bersama Lembaga Forum Sampang Bersatu (FSB), akan mendaftar sebagai relawan pada Ketua Satgas Penanganan Virus Corona atau Covid 19 Pemkab Sampang, yang komando oleh Plt Sekda Sampang Yuliardi Setyawan.

Pada kesempatan itu, disepakati bersama saudara Norhasan (Bendahara FSB) ditunjuk sebagai koordinator Tim Relawan Penanganan Virus Corona atau Covid 19 Forum Sampang Bersatu (FSB), sedangkan wakil koordinator Tim Relawan ditunjuk saudara Hamid (Sekjen FSB).

Tujuan dibentuknya Koordinator dan Wakil Koordinator Tim Relawan Covid 19 ini, agar dalam bekerja lebih vokus dan terkoordinasi dengan baik. Sebab ada yang bertanggung jawab langsung.

“Dalam bekerja sebagai Tim Relawan Covid 19 nanti, kita tetap berkoordinasi dengan Tim Satgas Covid 19 Pemkab Sampang yang diketuai oleh Plt Sekda Sampang Yuliardi Setyawan. Agar keberadaan FSB tampil menjadi Tim Relawan diakui dan legal. Bahkan, kita harus dapat SK langsung dari Ketua Tim Satgas Covid 19 Pemkab Sampang,” tegas Ketua Forum Sampang Bersatu (FSB) Heru Susanto.

Dijelaskannya, keberadaan FSB menjadi Tim Relawan Covid 19 ini, sifatnya non medis. Artinya, kita membantu Tim Satgas yang ada diluar penanganan medis. Misalnya, kita akan bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan atau Puskesmas dalam pembuatan Disinfektan.

Setelah itu, akan mensosialisasikan pada setiap RT, Ponpes, Desa, dan Sekolah. Juga membantu melakukan penyemprotan disinfektan ditempat umum seperti pasar, terminal, taman kota, lingkungan RT dan Desa. Juga lingkungan sekolah dan Ponpes.

“Kita juga akan audensi atau komunikasi dengan pihak Dishub Sampang, terkait penanganan khusus arus mudik menjelang hari Raya Idul Fitri nanti. Sebab, masyarakat Sampang banyak yang bekerja diwilayah/kota yang saat ini berkatagori merah akibat dampak penyebaran wabah virus corona atau covid 19. Seperti, Surabaya, Jakarta, Malang dan lain sebagainya,” papar Heru.

Ditempat terpisah, Pembina I yang juga penggagas terbentuknya Forum Sampang Bersatu (FSB) Saleh CPM menegaskan, dirinya sangat setuju dan mendukung penuh kegiatan sosial FSB ingin ambil bagian menjadi Tim Relawan Penanganan Covid 19 membantu Tim Satgas Covid 19 Pemkab Sampang. Sebab, dalam perkembangannya kasus penyebaran wabah virus Corona atau Covid 19 ini sangat luar biasa dan berbahaya. Tanpa dukungan Tim Relawan seperti bentukan FSB ini, Tim Satgas Pemkab Sampang bisa keteter dan kewalahan.

“Apalagi saat ini sesuai surat edaran Gubernur Jawa Timur, wilayah Kabupaten Sampang masuk dalam gugus percepatan penanganan penyebaran virus Corona atau Covid 19. Sebab, masyarakat Sampang memang banyak yang menjadi TKI dan TKW di Luar Negeri seperti Malaysia dan Arab Saudi. Juga masyarakat Sampang banyak yang bekerja diwilayah zona merah penyebaran virus Corona atau Covid 19 seperti Surabaya, Jakarta dan lain sebagainya,” tegas Saleh CPM didampingi Pembina II FSB, Moh. Nora SE.

Reporter : Nora/luk
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *