Forsa Hebat Salurkan Bantuan Air Bersih di Desa Noreh Kecamatan Sreseh

oleh -66 views
Foto : Pembina Forsa Hebat Saleh CPM dan Kades Noreh H.Maruki, foto bersama sebelum pendistribusian air bersih secara langsung pada warga. (Foto: Nora/SI).

SAMPANG, Minggu (6/9/2020) suaraindonesia-news.com – Bidang Sosial, Agama dan Kemasyarakatan Forum Sampang Hebat (Forsa Hebat), terus bergerak melaksanakan programnya sesuai bidangnya. Seperti penyaluran air bersih pada masyarakat di Dusun Nambengan Desa Noreh, Kecamatan Sreseh, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, Minggu (6/9/2020) pukul 09.30 WIB, kemarin.

Kekurangan air bersih di Dusun Nambengan Desa Noreh, yang dikeluhkan dan disampaikan M. Yusuf tokoh masyarakat setempat, ditanggapi serius oleh jajaran pengurus dan pembina Forsa Hebat, dengan melakukan langkah cepat menyalurkan bantuan dua tangki mobil air bersih.

“Setelah menerima laporan dari tokoh masyarakat setempat, saya melakukan langkah cepat mengirimkan 2 tangki mobil bantuan air bersih. Langkah cepat ini diambil karena menyangkut kemanusiaan. Air bersih merupakan kebutuhan vital masyarakat,” terang Ketua Forsa Hebat melalui Pembina Forsa Hebat Saleh CPM didampingi Koordinator Bidang Sosial, Agama dan Kemasyarakatan, Ustad Misbahul Munir.

Dijelaskannya, sebelum mengirim bantuan air bersih, langkah koordinasi sudah dilakukan dengan Ketua Forsa Hebat Nurhasan dan Koodinator Bidang Sosial, Agama dan Kemasyarakatan Ustad Misbahul Munir.

“Tujuan penyauran bantuan air bersih ini, agar Forsa Hebat dikenal dan dekat dengan masyarakat bawah. Juga membantu Pemkab Sampang dalam menyalurkan air bersih pada masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya.

Kades Noreh H. Maruki menjelaskan, di Desa Noreh ada 8 dusun, setiap tahun selama musim kemarau ada 2 dusun terparah kekurangan air bersihnya yaitu dusun Nambengan dan dusun Tampeng. Sedangkan 6 dusun lainnya untuk kebutuhan air bersih masyarakat sudah terbantu dengan adanya sumber air yang dikelola warga untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya.

“Dengan dibuatkan tandon air penampungan dan disalurkan menggunakan pipanisasi. Anggarannya menggunakan Dana Desa (DD). Namun selama pandemi Covid-19, anggaran desa banyak tersedot untuk pencegahan penyebaran Covid19,” urainya.

Sehingga tambahnya, program pipanisasi air bersih pada warga di dusun Nambengan tersendat karena anggaran banyak tersedot untuk pencegahan pandemi Covid-19.

“Di dusun Nambengan juga ada sumber yang debitnya lumayan besar yaitu 30 menit 5 ribu liter air. Namun selama Tahun 2020 pelaksanaan pipanisasi terhambat karena dana desa banyak tersedot pada pencegahan pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Pada kesempatan Kades Noreh H. Maruki, mengucapkan banyak terimakasih pada jajaran pengurus dan pembina Forsa Hebat, terutama pada Penggagas dan Pembina Forsa Hebat Bapak Saleh CPM, yang telah menyikapi keluhan masyarakat dusun Nambengan yang kekurangan air bersih. Dengan memberikan bantuan 2 tangki mobi air bersih.

“Adanya bantuan air bersih dari Forsa Hebat ini, sangat disyukuri warga karena membantu kesulutan air bersih yang dialami warga,” tegasnya.

Terkhir H.Maruki berharap, agar di Tahun 2021 kekurangan pipanisasi di dusun Nambengan untuk penyaluran air bersih pada warga dan program pengadaan tandon dan pipanisasi di dusun Tampeng, dapat terealisasi dan terwujud.

“Sehingga, Tahun 2021 kebutuhan air bersih untuk warga di 8 dusun Desa Noreh Kecamatan Sreseh, sudah terpenuhi semua dan tidak kekurangan air bersih,” tandasnya.

Reporter : Nora/War
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *