Fakusmaker Audiensi Ke Dinas Pertanian Deli Serdang, Ini Tujuannya

oleh -377 views
Foto: Kadis Pertanian Kabupaten Deli Serdang Ir. Kamaluddin, M.MA saat menerima Audiensi Bakorcab Fokusmaker Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara, Selasa (12/10/2021) diruang kerjanya.(Foto : M. Habil Syah/ SI).

DELI SERDANG, Selasa (12/10/2021) suaraindonesia-news.com – Kabupaten Deli Serdang terkenal dengan hasil pertanian padi, meskipun Kabupaten Deli Serdang memberikan kontribusi kedua luas panen padi setelah Kabupaten Simalungun untuk di Sumatera Utara, namun produksi padi untuk Kabupaten Deli Serdang selalu mengalami peningkatan yang signifikan.

Petani padi merupakan orang yang melakukan usaha tani padi sebagai mata pencaharian utamanya dimana padi merupakan salah satu komoditi penting dalam sektor pertanian tanaman pangan bagi masyarakat apa lagi dimasa pasca pandemi Covid-19 Deli Serdang saat ini telah berada pada level 1, artinya masyarakat Deli Serdang sudah bisa melakukan aktivitasnya sehari-hari secara normal namun tetap menjalankan protokol kesehatan agar daerah Deli Serdang tetap berada diposisi Level 1 hingga kedepan kembali dinyatakan normal.

Dalam upaya pemulihan ekonomi dari dampak pandemi Covid-19, Sektor Pertanian dipandang mampu bertahan di masa pandemi saat ini. Diperlukan intervensi dan inovasi terhadap masyarakat Desa khususnya dalam pemanfaatan potensi sektor pertanian untuk mendukung ketahanan pangan, pemerintah menggenjot sektor pertanian, hal ini disampaikan Kadis Pertanian Kabupaten Deli Serdang Ir. Kamaluddin, M.MA saat menerima Audiensi Bakorcab (Badan Koordinasi Cabang) Fokusmaker (Forum Komunikasi Studi Mahasiswa Kekaryaan) Kabupaten Deli Serdang, Propinsi Sumatera Utara, Selasa (12/10/2021) diruang kerja Dinas Pertanian Kabupaten Deli Serdang.

“Dalam upaya meningkatkan perekonomian kita pasca pandemi Covid-19, dimana Kabupaten Deli Serdang saat ini berada di level 1, sangat diperlukan intervensi dan inovasi terhadap masyarakat Desa khususnya dalam pemanfaatan potensi sektor pertanian dan untuk mendukung ketahanan pangan, pemerintah menggenjot dalam sektor pertanian, dari sektor pertanian kita bisa segera memulihkan dampak perekonomian yang sempat mengalami keterpurukan akibat merebaknya virus Covid-19 di Indonesia bahkan hampir di seluruh negara,” jelas Kamaluddin.

Darma Ade Putra Hutasuhut Ketua Bakorcab Fokusmaker Deli Serdang yang hadir saat Audiensi itu didampingi Sekjend Mhd. Arifin, Wakil Ketua Kominfo M. Habil Syah dan Wakil Sekretaris Kominfo Muhammad Ridho Siregar, menyambut baik apa yang menjadi tujuan Kadis Pertanian, dan pihaknya berharap Dinas Pertanian dapat bekerja sama dengan organisasi yang dipimpinnya dalam mewujudkan dengan memulihkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Deli Serdang melalui Sektor pertanian.

“Apa yang menjadi tujuan pak Kadis sangat bagus dalam memulihkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Deli Serdang, namun dalam melakukan hal itu bukan suatu pekerjaan yang mudah, kita harus saling bahu membahu dan bersinergi dalam mewujudkan hal tersebut, maka dari itu, kami hadir disini bersilaturahmi dengan Dinas Pertanian ingin bersinergi dalam menjalankan apa yang menjadi program-program pemerintah khususnya program yang ada di Dinas Pertanian yang akan kami kolaborasikan dengan program-program yang ada di Fokusmaker disektor pertanian, baik itu terkait kelompok tani, pengairan, pembibitan hingga mewujudkan prasarana produksi pertanian yang meliputi pupuk organik dan lain sebagainya,” terang Darma.

Masih menurut Darma, karena kita sebagai negara yang besar dengan jumlah penduduk lebih dari 200 juta jiwa, ketahanan pangan merupakan salah satu tujuan pembangunan yang ingin dicapai oleh bangsa Indonesia, pangan sebagai kebutuhan pokok manusia perlu diupayakan ketersediaannya dalam jumlah yang cukup, mutu yang layak, aman dikonsumsi dan mudah diperoleh dengan harga yang terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Namun kembali saya tegaskan untuk mewujudkan ketahanan pangan bukanlah hal yang mudah, berbagai permasalahan harus dihadapi dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan, menurut saya pertanian merupakan sumber kehidupan bagi sebagian besar penduduk negara yang sedang berkembang seperti Indonesia dan padi merupakan produk pertanian pangan yang utama dalam upaya pemenuhan kebutuhan pangan nasional dan memberikan lapangan pekerjaan bagi sebagian besar penduduk Indonesia,” tegas Darma Ade Putra Hutasuhut.

Dalam audiensi itu Kamaluddin menyatakan bahwa Organisasi masyarakat yang mempunyai program-program dan kegiatan positif sangat berperan baik itu dari sektor pertanian, karena pertanian merupakan sektor strategis dalam pembangunan nasional, jadi peran serta organisasi sektor pertanian dalam memacu perekonomian dapat dilihat lebih luas.

“Organisasi masyarakat yang mempunyai program-program dan kegiatan positif sangat berperan, baik itu dari sektor pertanian, karena pertanian merupakan sektor strategis dalam pembangunan nasional, jadi peran serta organisasi di sektor pertanian dalam memacu perekonomian dapat dilihat lebih luas, terutama dalam konteks mendistribusikan hasil-hasil pembangunan kepada masyarakat di wilayah pedesaan, saya berharap Bakorcab Fokusmaker Deli Serdang untuk sektor pertanian dapat mengambil tempat untuk berperan di dalam program-program yang telah tersusun guna turut serta dalam pemulihan perekonomian nasional khusunya di Deli Serdang, bahkan kami Dinas Pertanian Deli Serdang sangat mendukung melalui pembentukan program-program yang dimiliki adik-adik di Fokusmaker dalam upaya pemulihan ekonomi guna pengentasan kemiskinan, penyediaan lapangan kerja dan peningkatan pendapatan masyarakat, selain kontribusi langsung, sektor pertanian juga memiliki kontribusi secara tidak langsung yang bisa berdampak baik dalam program pemerintah pasca pandemi,‘’ tutup Kamaluddin.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *