Dua SKPD Di Kota Batu Terancam Di PTUN

Direktur GGAA Sudarno

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com – Keterbukaan informasi saat ini merupakan momok bagi sebagian besar lembaga penyelenggara Negara di Indonesia. Keterbukaan informasi bagi mereka adalah pintu masuk upaya pengungkapan dugaan korupsi di lembaga yang diduga melakukan kegiatan korupsi.

Good Governance Activator Aliance (GGAA) Jatim ancam sengketakan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) serta Kantor Ketahanan Pangan Kota Batu karena dianggap tidak merespon surat uji akses informasi kedua dinas tersebut.

Tujuan surat tersebut untuk mengetahui laporan hasil kinerja dinas terkait selama 5 tahun program kebijakan daerah, Rencana Strategis (Rensta), dan Rencana Kerja(Renja).

Keterbukan informasi ini supaya pemerintah atau SKPD selalu melakukan publikasi kepada daerah sehingga masyarakat bisa dengan mudah mengikuti program dinas yang dilaksanakan.

“Masyarakat bisa berpartisipasi serta memonitoring program apa saja yang dilaksanakan SKPD”, tutur Dirut GGAA Jatim, Sudarno, Selasa (23/6/2015).

Sudarno mengeluhkan selama ini kedua SKPD tersebut tidak melaksanakan amanat UU Keterbukaan Informasi Publik nomor 14 tahun 2008 tentang cara akses keterbukaan pengelolaan informasi publik pada masyarakat.

Seharusnya, masih menurut Sudarno, setiap SKPD harus membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Nantinya, PPID yang harus mempublikasikan informasi yang serta merta dan berkala kepada masyarakat melalui informasi website SKPD, poster atau buku saku.

Sudarno mengancam bila kedua SKPD tidak segera memberi balasan GGAA akan mensengketakan ke Komisi Informasi Provinsi Jatim. “Nanti disana akan dimediasi pemohon dan termohon dalam rangka untuk mendapat akses informasi. Bila tidak ada kesepakatan hasil mediasi di komisi informasi, bisa menjadi dasar acuan pengajuan ke PTUN,” bebernya.

Sudarno menambahkan dalam UU KIP ada ancaman hukuman bagi pihak yg menyembunyikan dan menghambat informasi. “Dinas atau SKPD bisa dikenai sangksi hukuman pidana 3 tahun,”pungkasnya. (Kurniawan).


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here