Dr. Aqua Dwipayana Beberkan Kunci Keberhasilan Pamtas RI-PNG ke Prajurit Yonif Raider 509

oleh -168 views
Dr. Aqua Dwipayana memberikan motivasi kepada 450 prajurit Yonif Raider 509 yang akan berangkat tugas Pamtas RI-PNG. (Foto: Guntur Rahmatullah)

JEMBER, Jumat (26/7/2019) suaraindonesia-news.com – Menjelang keberangkatan 450 prajurit TNI Yonif Raider 509 ke Papua untuk bertugas menjaga perbatasan Republik Indonesia-Papua New Guinea (RI-PNG), Komandan Yonif Raider 509, Letkol. Inf. Wira Muharromah mendatangkan seorang motivator nasional, Dr. Aqua Dwipayana untuk menggembleng para prajuritnya, Jumat (26/7) siang.

Dia membeberkan kunci keberhasilan yang harus diterapkan oleh para prajurit Yonif Raider 509.

“Kuncinya adalah penguasaan komunikasi, bagaimana para prajurit itu betul-betul mendalami yang namanya kearifan lokal dan totalitas untuk belajar, komukasi lintas budaya jadi semakin banyak data yang diperoleh dan semakin dalam pengetahuannya tentang wilayah yang akan didatangi itu semakin akan sukses,” jelas Aqua Dwipayana, yang juga mantan jurnalis Suara Indonesia tersebut.

Aqua mengaku sangat optimis bahwa prajurit Yonif Raider 509 akan meraih sukses dalam penugasan selama 9 bulan di wilayah perbatasan.

“450 prajurit itu ada saudara kita yang dari sana warga Papua, dan tadi saya sudah sarankan kepada komandan bahwa di pos-pos strategis mereka (prajurit 509 asal Papua, red) ini ditempatkan, paling tidak dari sisi komunikasi sudah menguntungkan, dia pasti tahu lah harus bagaimana,” imbuhnya.

Dia juga meminta untuk para prajurit lainnya belajar kepada para prajurit yang berasal dari Papua mengenai kearifan lokal setempat.

“Dari saudara kita yang di sana karena mereka yang lebih tahu itu bagaimana kondisi dan sebagainya budayanya kearifan lokalnya artinya kita melihat potensi keberhasilannya luar biasa, apalagi Yonif Raider 509 kemarin didatangi panglima TNI dan jarang beliau mau datang ke satuan yang akan tugas, itu harus menjadi pecutan semangat,” pesannya.

Sementara Komandan Yonif Raider 509, Letkol. Inf. Wira Muharromah menerangkan bahwa dia sengaja mendatangkan motivator nasional supaya para prajuritnya meraih kesuksesan selama bertugas selama 9 bulan ke depan.

“Kami datangkan kemari ingin memberikan motivasi karena terus terang kami meghadapi medan tugas itu sangat berat menghadapi warga papau di sana sehingga membutuhkan masukan-masukan dari beliau, beliaulah pakarnya sehingga beliau yang banyak tahu dan ditularkan ilmunya,” jelas Letkol. Inf. Wira.

Untuk diketahui, 450 prajurit Yonif Raider 509 akan diberangkatkan tugas Pamtas RI-PNG pada 29 Juli 2019 mendatang. Mereka akan menjaga wilayah perbatasan RI-PNG selama 9 bulan ke depan.

Pasukan ini akan menggantikan Satgas Pamtas prajurit Batalyon Infanteri 725 Woroagi yang berjaga di sektor utara meliputi wilayah Kabupaten Keerom dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Amin
Publisher : Mariska

Tinggalkan Balasan