DPRKP Pamekasan Tahun 2022 Gelontorkan Bantuan 1000 RTLH Bagi Warga Miskin

oleh -124 views
Foto: Profil Kepala DPRKP Kabupaten Pamekasan, Muharram.

PAMEKASAN, Senin (05/09/2022) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, menggelontorkan bantuan renovasi bagi rumah tidak layak huni (RTLH) bagi warga miskin dan kurang mampu.

Diketahui, Tahun 2022 ini Pemkab Pam

ekasan melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) setempat memberikan bantuan renovasi sebanyak 1000 RTLH dari anggaran pusat maupun daerah.

Kepala DPRKP Pamekasan, Muharram mengungkapkan, total anggaran yang dialokasikan untuk perbaikan rumah tidak layak huni pada tahun ini sebesar Rp 20 miliar lebih, tersebar di 13 kecamatan yang ada di Kabupaten Pamekasan.

“Selain anggaran renovasi rumah yang bersumber dari APBN, sekitar 50% anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Anggaran Pendataan Belanja Daerah (APBD) Pamekasan juga akan diperuntuhkan untuk bantuan renovasi rumah bagi warga tidak mampu,” kata Muharram.

Penerima program bantuan perbaikan rumah tidak layak huni tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun 2021 kemarin.

“Katena di tahun 2021 sebanyak 700 rumah, dan sementara pada tahun 2022 sebanyak 1000 lebih rumah yang telah diperbaiki”, ungkapnya, Senin (06/09).

Menurut Muharram, berdasarkan data pada tahun 2018, ada 10 ribu lebih rumah yang dikategorikan sebagai rumah tidak layak huni, namun yang dapat diperbaiki hanya sekitar 300 rumah. Sementara di tahun 2019 ada sebanyak 500 rumah yang sudah dalam proses perbaikan.

“Sementara ini ada 260 rumah yang diperbaiki, hasil dari pendataan yang dilakukan mulai tingkat kecamatan hingga ketua RT,” ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, program RTLH ini tidak hanya menyasar rumah di pedesaan, akan tetapi di wilayah perkotaan, dengan tujuan untuk mengurangi bangunan kumuh.

“Program RTLH yang merupakan program prioritas Bupati Pamekasan diharapkan bisa tuntas diakhir jabatan Bupati Badrut Tamam pada 2024 mendatang,” pungkasnya.

Reporter : May
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan