DPRK Abdya Setujui Lahan Eks HGU PT CA Dibagikan Ke Masyarakat

oleh -35 views
Ketua DPRK Abdya Nurdianto didampingi Wakil Ketua II Hendra Fadli,SH saat memimpin rapat kerja dengan forkopimkab terkait keberadaan lahan eks HGU PT. CA di Desa Cot seumantok Kec. Babahrot.

ABDYA, Senin (15/6/2020) suaraindonesia-news.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Batar Daya (Abdya) telah menyetujui dan sepakat lahan eks Hak Guna Usaha (HGU) PT. CA yang bertempat di Desa Cot Seumantok Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) untuk dibagikan kepada masyarakat.

Ketua DPRK Abdya, Nurdianto mengatakan, terkait dengan lahan HGU PT. CA, ia mengaku bahwa pihaknya telah membicarakan dengan pemerintah daerah dalam rapat kerja dan intansi terkait.

“Karena terjadi kekosongan hukum kita berinisiatif tanah lahan eks PT. CA yang 1000 hektar  itu akan dibagikan untuk masyarakat. Sudah kita liat bersama diakhir acara diaula rapat, para anggota DPRK yang berhadir hari ini  telah sepakat agar lahan HGU PT. CA tersebut dibagikan kemasyarakat dengan menunjuk kan jari ke atas,” sebut Nurdianto.

Lebih lanjut dikatakan Nurdianto, ini baru wacana. Sebab, regulasi nya kita tetap menunggu regulasinya dari TORA yang sudah dibentuk oleh pemerintah daerah.

“Langkah selanjutnya, kita masih menunggu Tim yang dibentuk oleh pemerintah guna untuk mengetahui tentang kriteria penerima lahan eks HGU PT. CA tersebut dan sesuai aturan TORA yang kami lihat, boleh dilibatkan aktifis seperti LSM, DPR dan pemerintah yang terkait mengenai pertanahan juga boleh dilibatkan,” imbuhnya.

“Namun demikian, kalau masalah kendala pembagian, sejauh ini kami melihat tidak ada karena DPR sifatnya hanya memberikan dukungan saja, jadi kendala mungkin ada dipihak pemerintah, karena sebagian penangungjawabnya,” pungkas Nurdianto.

Sementara itu Bupati Abdya, Akmal Ibrahim, SH menjelaskan, kita rapat hari ini untuk menanyakan pendapat anggota DPRK apakah setuju lahan  eks HGU PT CA itu dibagikan, jika tidak maka tidak akan kita bagikan dan Semua proses administrasi akan ada pada Tim TORA pemerintah daerah, Bupati hanya sebatas mengeluarkan SK siapa yang berhak menerima lahan tersebut

“Akan kita bagikan lahan HGU PT CA tersebut hanya untuk masyarakat yang miskin, masyarakat yang tergolong kurang mampu, itu nantinya yang akan menerimanya,” tegas Bupati Akmal.

Seperti yang telah diberitakan, komisi hukum DPR RI memberikan dukungan sepenuhnya, kepada bupati Abdya Akmal Ibrahim, terkait rencana bupati ingin membagikan lahan eks HGU PT. CA karena ada kekosongan hukum.

Kata dia, inisiatif dari pada bupati ingin membagikan lahan yang berlokasi di Desa Cot Seumantok kecamatan Babahrot kepada rakyat itu merupakan kebijakan bupati juga keputusan presiden.

“Jadi ada dasar hukumnya dengan apapun keputusan mahkamah agung terkait Eks HGU PT  CA itu tidak mempergaruhi kebijakan bupati ingin membagikan lahan kepada rakyat oleh karena itu saya berharap agar bupati bisa bergerak cepat mengkomunikasikan hal itu kepada Forkompikab Abdya ini,” Pinta  Komisi III DPR RI Nasir Djamil.

Pantauan awak media, acara tersebut digelar diruang rapat DPRK  dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRK Nurdianto,yang dihadiri Wakil Ketua II DPRk Hendra Fadli, SH, Bupati Abdya Akmal Ibrahim. SH,Kapolres AKBP Muhammad Nasution, Sik, Dandim 0110 Letkol Czi.M Ridha Has. ST. MT, Kejari Abdya Nilawati SH. MH dan BPN Munir, SE, Anggota DPRK, Sekda Drs Thamrin, Asisten I Amrizal, Sekwan DPRk Salman,Kabag pemerintahan Rizal, S.Mn, Kabag Umum Alman S, Kabag Humas Mawardi serta pejabat lainnya.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *