DPRK Abdya Sahkan APBK Tahun 2021 Kurang Lebih 1 Triliun

oleh -67 views
Bupati Abdya Akmal Ibrahim, SH bersma Ketua DPRK Nurdianto, Wakil II Hendra Fadhli, SH didampingi Sekda Drs Thamrin dan Sekwan DPRK Salman, SH serta disaksi kan unsur Forkopimkab saat penandatangan Berita Acara persetujuan Bersama antara Pemkab dengan DPRK Tentan APBK Tahun Anggaran 2021.

ABDYA, Kamis (26/11/2020) suaraindonesia-news.com – Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Barat Daya (DPRK Abdya) kini menggelar kembali Rapat Paripurna Penantangan Berita Acara Persetujuan Bersama Rancangan Qanun APBK Tahun Anggaran 2021 menjadi Qanun APBK Tahun Anggaran 2021 dan Paripurna Penutupan Pembahasan Rancangan APBK Tahun 2021 di gedung DPRK.

Kemudian dilanjutkan dengan agenda Penyampaian Laporan Badan Anggaran Tentang pembahasan anggaran pendapatan dan belanja Kabupaten (APBK)Aceh Barat Daya Tahun Anggaran 2021 oleh Zul Ilfan yaitu : jumlah pendapatan Rp. 948.776.055.425,00,- sembilan ratus empat puluh delapan Milyar.dan belanja daerah Rp,1.036.931.04,00,- satu Triliun tiga puluh enam Milyar.

“Angka Rp. 1.036.031 tersebut sepakat disahkan sesuai berita acara DPRK dan Pemkab Abdya,” ujarnya.

Lanjutnya, penerimaan pembiayaan sebesar Rp. 94.155.549.489.00,- sembilan puluh empat Milyar, dan pengeluaran pembiayaan Rp. 6.000.000.000,00,- Enam Milyar rupiah, sedangkan untuk pembiayaan Netto Rp. 88.155.549.489.,00,- Delapan puluh delapan Milyar lebih.

Lebih lanjut, disampaikan pembiayaan Netto digunakan untuk menutupi defisit sebesar Rp. 88.155.549.489,00,- Delapan puluh delapan Milyar, sehingga posisi struktur APBK Tahun Anggaran 2021 Berimbang.

Dikatakan Zul Ifan, bahwa pihaknya  telah bekerja dan inilah hasilnya, tetapi semua ini akan di evaluasi oleh Gubernur Aceh dan diharapkan secepatnya APBK 2021 Aceh Barat Daya sudah dapat digunakan.

Kemudian, usai laporan Badan Anggaran DPRK Abdya, Yusran dari fraksi Abdya Hebat dalam pemandangan umumnya, mengapresiasi Pemkab Abdya atas mendapatnya batuan DID dari pemerintah pusat, sangat fantastis nilainya dan prestasi ini harus dipertahankan guna untuk kemajuan daerah Nanggari Breuh Sigupai Abdya yang kita cintai ini.

Namun, terkait dengan perjuangan pembebasan lahan PT Cemerlang Abadi, untuk dikembalikan kepada daerah, dan juga mengingatkan Pemkab Abdya, untuk menuntaskan program pembangunan jalan dua jalur, dari simpang Cot Manee hingga pusat kota kabupaten, melalui lintasan jalan nasional wilayah Kecamatan Susoh.

“Dengan keterbatasan anggaran yang ada, Pemkab Abdya hendaknya mengoptimalkan pembangunan daerah yang tepat guna, serta bermanfaat bagi masyarakat, termasuk menata kembali perluasan jalan alternatif di kawasan Kota Blangpidie,” katanya.

Dikesempatan itu, Bupati Abdya Akmal Ibrahim SH, juga mengapresiasi anggota dewan dan tim anggaran Kabupaten, yang telah menyelesaikan pembahasan demi pembahasan, dengan berbagai beban.

Menurutnya, pembahasan anggaran tahun ini memiliki beban yang lumayan berat, lantaran dua tim melakukan pembahasan ditengah kebutuhan meningkat, sementara jumlah anggaran terbatas.

Akmal mengatakan, ada dua hal yang sangat kontradiktif pada saat kebutuhan banyak, kemampuan keuangan akibat transfer pusat dan berbagai target pendapatan juga berkurang.

“Akan hal ini, kita semua dituntut untuk memilik keahlian, kesabaran melihat persoalan pada saat krisis seperti ini. Namun tidak semua keinginan kita bisa tercapai, kadang-kadang kita harus berdamai dengan diri sendiri, berdamai dengan keinginan-keinginan dan sabar dengan waktu, yang mungkin tidak bisa dipenuhi,” tuturnya.

Apa saja yang disampaikan dalam pemandangan umum fraksi tambahnya, menjadi bahan evaluasi dan harus dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan katanya, ada beberapa masukan yang memang telah dijalankan, sehingga perlu kerjasama tim yang baik, antara Pemkab Abdya dan anggota DPRK, agar setiap tujuan maupun program dapat berjalan optimal.

Pantauan awak media, paripurna tersebut dipimpin langung oleh Ketua DPRK Abdya, Nurdianto didampingi wakil Ketua II Hendra Fadhli, SH yang dihadiri Bupati Akmal Ibrahim, SH, Kajari Abdya Nilawati, SH, MH, Kabag Ren Polres, Kompol Sulaiman, Pasi Intel Kodim 0110 Kapten Inf Fajar Setyawan, Sekda Drs. Thamrin, Para Asisten Setdakab, Staf Ahli/Khusus, Skpk, Camat Mpu, M.Pd, Kip, dan Ketua Parpol serta pejabat lainnya.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *