DPRD Maybrat Bentuk Pansus Tapal Batas Wilayah

oleh -83 views
Suasana Pansus Tapal Batas DPRD Kabupaten Maybrat.

MAYBRAT, Rabu (23/9/2020) suaraindonesia-news.com – DPRD Maybrat bentuk Panitia Husus (Pansus) tentang Tapal Batas wilayah dengan melakukan rapat bersama kepala Distrik dan kepala Kampung serta tokoh diwilayah Tapal Batas, diantaranya, Kampung Kambro Distrik Aitinyo Tengah, Kampung Temel-Sosian Distrik Ayamaru Jaya, Kampung Suswa Distrik Mare dan wilayah Aifat, Aifat Timur jauh yang berbatasan dengan Kabupaten Tambrauw dan Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat, Rapat pansus Tapal Batas wilayah tersebut dipusatkan di Distrik Ayamaru Jaya.

Ketua pansus Tapal batas DPRD Kabupaten Maybrat, Iqinasius Baru dalam arahannya mengatakan jika pihaknya melakukan kunjungan ke Distrik dan Kampung perbatasan berdasarkan kebutuhan masyarakat Kabupaten Maybrat.

“Kami juga mendapat persetujuan dari pimpinan DPRD untuk menyelesaikan masah tapal batas Kabupaten Maybrat dengan Sorong slSelatan, Teluk Bintuni, Kabupaten Sorong dan Kabupaten Tambrauw,” ujar Iqinasius Baru. Rabu (23/9/2020).

Menurutnya, masalah tapal batas wilayah ini merupakan masalah yang sangat serius yang dihadapi oleh pemerintah Kabupaten Maybrat, karena di wilayah tapal batas memiliki potensi alam yang cukup besar.

Sementara wakil ketua Pansus Tapal Batas yang juga selaku ketua komisi A DPRD kabupaten Maybrat, Naftali Kambu, SH mengatakan,
Pihaknya sudah menjajaki wilayah Tapal Batas antara Kabupaten Maybrat dengan Kabupaten Sorong Selatan, Teluk Bintuni, Sorong dan Kabupaten Tambrauw.

“Untuk Tapal Batas wilayah Maybrat – Tambrauw itu sudah beres kemudian tinggal di tindak lanjuti,” katanya.

Oleh sebab itu, Naftali Kambu Berharap pemerintah Kabupaten Maybrat agar menanggapi masalah tapal batas wilayah dengan serius, dan juga pemerintah segera mengaktifkan kembali Kampung dan Distrik diwilayah Tapal Batas, seperti Distrik Temsos, Distrik Aitinyo Selatan Jaya dikambro, Distrik Mare Utara kampung Seya,
Distrik Aifat Timur Jauh yang berbatasan dengan Kabupaten Teluk Bintuni.

“Selain itu juga kendala yang di wilayah Tapal batas yaitu, infrastruktur jalan, Jembatan dan penempatan PNS pada Kampung dan Distrik tapal batas,” ujarnya.

“Maybrat ini ibarat kebun yang sudah di tanam, namun belum ada pagar, oleh sebab itu, segera mengakomodir wilayah tapal batas sebagai pagar untuk kabupaten Maybrat,” tutup Naftali Kambu.

Senada dengan itu, anggota DPRD Dapil II Aitinyo raya dan Ayamaru Selatan Jaya, Nebrianus Kambuaya mengatakan, 17 Distrik dan 132 Kampung yang sudah di sahkan oleh DPRD dan pemerintah Kabupaten Maybrat sejak tahun 2015, itu segera diaktifkan kembali,
karena menurutnya, pengaktifan Kampung dan Distrik itu menambah nilai positif bagi pemerintah daerah seperti pemekaran DOB, penambahan APBD, memperpendek kendali pelayanan pemerintahan kepada Masyarakat di Kabupaten Maybrat, hal ini merupakan permintaan dari masyarakat di wilayah tapal batas.

Mewakili 4 kepala Distrik wilayah Tapal Batas, Kepala Distrik Ayamaru Jaya, Maikel Sosolssa, SE, mengatakan, di Maybrat hanya begitu saja, tidak pernah ada respon terkait dengan Kampung dan distrik tapal batas, namun dari anggota DPRD Kabupaten Maybrat yang lama atau baru, kabaq ganti kabaq tidak ada yang merespon untuk pemekaran Kampung dan Distrik tapal batas anatar kabupaten Maybrat dengan kabupaten Sorong, yang berbatasan langsung dengan Kampung Temel-sosian.

“Kami berharap kepada bupati, DPRD dan Sekda Maybrat Agar pansus tapal batas yang dibentuk ini bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi Masyarakat diwilayah Batas,” ujarnya.

Ia sangat menyayangkan Pemerintah kabupaten Maybrat yang hanya memberikan perhatian di Kampung dan Distrik yang berada dalam kota, sedangkan yang diluar tidak ada perhatian pemerintah.

“Saya minta kepada Pemerintah kabupaten Maybrat agar segera memekarkan Distrik Temsos, dan juga Pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan Segior-Temsos segera di Aspal,” tutup Maikel Sosolssa.

Turut Hadir Anggota Pansus tapal DPRD kabupaten Maybrat terdiri dari, Iqinasius Baru Ketua Pansus tapal batas, wakil ketua Naftali Kambu, dengan anggota masing-masing Sepi Momao, Nebrianus Kambuaya, Thomas Aitrem, Korneles Fatemyo, Aleksander Brin, dan Sebastian Bame.

Reporter : Ones
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *