Dorong Partisipasi Pemilih 2019, KPU Gandeng SMA/SMK se Kota Batu

Saifudin Zuhri Ketua KPU kota Batu

KOTA BATU, Senin (19/11/2018) suaraindonesia-news.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu, Senin (19/11/2018) pagi melaksanakan Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemilu 2019 yang berlangsung di dua tempat yakni SMAN 02 Batu dan SMA Emanuel kota Batu Rencananya sosialisasi pendidikan pemilih kalangan pelajar itu akan dilakukan secara terus menerus hingga menjelang pemilihan umum Pemilihan Legeslatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Saifudin Zuhri ketua KPU kota Batu mengatakan dengan digelarnya sosialisasi pendidikan pemilih di seluruh SMA dan SMK di kota Batu itu adalah dimaksudkan agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat, khususnya para pelajar di Kota Batu.

“Kita gandeng dengan SMA dan SMK ini adalah terkkait dengan pemilu 2019 yang digelar 17 April 2018. Dengan harapan partisipasi pemilih pemula pada kalangan pelajar meningkat, partisipasinya tinggi,” Kata Saifudin Zuhri.

Menurutnya, 17 kota dan Kabupaten yang mengikuti Pemilihan Gubernur dan tidak mengikuti Pemilihan Walikota Dan Pemilihan Bupati tahun 2018. Di Jawa Timur, Kota Batu termasuk tertinggi tingkat partisipasinya, Oleh karenanya untuk mewujudkan tingkat partisipasi masyarakat, KPU kota terus getol melakukan sosialisasi pemilih, bukan hanya pada pelajar tetapi seluruh elemen masyarakat.

“Dan perlu diketahui bagi pemilih baru, pemula golongan milenial, pemilu 2019 adalah hal yang baru. Karena 2019, akan bersamaan dengan Pilppres yang dilaksanakan 17 April 2019 nanti,” Kata Saefudin.

Kata dia, kalau pemilu 2014, dalam waktu bersamaan hanya memilih Anggota DPR, DPRD Propinsi, DPRD kota dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD), 2019 kepada pemilih pemula harus diberi pemahaman agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih, karena di kota Batu dalam pemilu 2019 terdapat 5 kartu suara.

“Kalau yang pasti sosialisasi ini akan kita lakukan secara terus menerus, di 2018 ini kita melakukan sosialisasi ke SMA-SMK dan semuanya sudah tercaver dan terjadwal. Dan mereka mengetahui bahwa Pileg pilpres akan dilakukan secara serentak,” jelasnya.

Lanjutnya, selain para pelajar memhami pemilu 2019, juga diharapkan agar mereka mengabarkan pada Orang tuanya bahwa Pileg, Pilpres beda dengan pemilu tahun 2014 lalu. Menyikapi pelaksanaan sosialisasi Pendidikan pemilih di sekolah-sekolah di kota Batu oleh KPU Kota Batu, Pamor Patriawan kepala SMAN 02 Batu langsung merespon dengan baik.

“Kami mengapresiasi apa yang dilakukan oleh KPU dalam sosialisasi pendidikan pemilih pada pemilihan legeslatif dan pemilihan Presiden 2019, karena bagi pelajar memiliki arti penting,” Kata Pamor Patriawan.

Menurut dia, Bagi siswa Ini adalah merupakan wujud dari implementasi kerja sama yang baik dalam rangka untuk mengimplementasikan pembelajaran demokrasi yang ada pada kompetensi dasar di lingkungan sekolah.

“Harapan kami anak-anak nanti pada Pileg dan Pilpres menjadi pemilih bermutu tidak emosional tapi rasional , berikutnya dapat membangun bangsa dan Negara, agar Indonesia lebih maju dan sejastera,” pungkasnya.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Agira
Publisher : Imam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here