DKP Sumenep Serahkan 300 Sertifikat Tanah Kepada Nelayan

Kegiatan Penyerahan Sertifikat tanah

SUMENEP, Suara Indonesia-News.Com – Dinas kelautan dan perikanan (DKP) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyerahkan 300 sertifikat tanah pada program sertifikasi Hak atas tanah (sehat) nelayan dan pembudidaya, Senin (12/10/2015).

Acara penyerahan sertifikat tanah yang berlangsung di kantor DKP Sumenep tersebut di hadiri Bupati Abuya Busro Karim, M. Si, semua kepala UPT perikanan se Kabupaten Sumenep, para nelayan yang menerima sertifikat tanah yang berasal dari empat Kecamatan, diantaranya Kecamatan Dongkek, Saronggi,Pasaongsongan dan Ambunten.

Penyerahan sertifikat tanah secara simbolis oleh Bupati Sumenep
Penyerahan sertifikat tanah secara simbolis oleh Bupati Sumenep

“Acara ini dalam rangka penyerahan sertifikat pada program sertifikasi hak atas tanah (sehat) pada nelayan untuk angaran 2015,”kata Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim, M. Si.

Diakui Busyro, Kabupaten Sumenep awalnya banyak tanah milik nelayan dan pembudidaya yang tidak bersertifikat, sehingga sulit untuk mengakses permodalan ke perbankan karena tidak memiliki aset yang dapat di pakai sebagai jaminan kredit, sehingga terjebak ke rentenir.

Selain itu, menurut Busyro, nelayan juga sulit untuk mengembangkan usaha karena status tanahnya tidak jelas, mudal usaha rendah dan terikat oleh tengkulak.

Busyro berharap, dengan adanya sertifikat ini bisa membantu dan memberikan kepastian atau status hukum atas kekayaan (aset) milik nelayan dan usaha penangkapan ikan skala kecil serta pembudidaya.

“Memberikan jaminan pada nelayan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas permukiman yang layak, permanen dan sehat,”ujar Busyro.

Sehingga menurut Busyro dengan meningkatkan kapasitas usaha nelayan melalui kepemilikan asset berupa tanah yang dapat di gunakan sebagai agunan untuk mengakses sumber-sumber permodalan, meningkatkan minat untuk lembaga keuangan atau perbankan untuk menyalurkan kredit kepada nelayan dan pembudidaya skala kecil.ungkapnya. (liq).


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here