Diterjang Angin Kencang, 1000 Warga Desa Sumberbrantas Mengungsi

Ratusan pengungsi asal Desa Sumberbrantas di evakuasi di 4 titik di Kota Batu yakni, Posko PB BPBD Kota Batu, Rumas Dinas Walikota Batu, Balai Desa Punten dan Balai Desa Tulungrejo.

KOTA BATU, Minggu (20/10/2019) suaraindonesia-news.com – Angin kencang yang melanda Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur, pada Sabtu malam (19/10/2019) sekira pukul 23.30 WIB hingga sekarang, Minggu, (20/10/2019) membuat sedikitnya 1000 warga Desa setempat harus mengungsi ke tempat yang aman.

Seluruh wilayah Desa Sumberbrantas hampir seluruhnya lumpuh termasuk aktifitas ekonomi lantaran puluhan rumah rusak, beberapa pohon tumbang, terputusnya jaringan kabel Penerangan Jalan Umum (PJU), tiang listrik roboh dan beberapa Baliho berserakan.

“Banyak pohon tumbang yang mengganggu akses jalan raya dan mengancam beberapa bangunan rumah maupun dan fasilitas umum. Hingga saat ini listrik masih padam dan mengganggu jaringan komunikasi,” kata Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim, Minggu (20/10) malam.

Menurutnya, dalam peristiwa angin kencang yang melanda kota Batu bagian utara itu satu orang warga meninggal dunia bernama Ruslan 55 tahun, dan beberapa orang mengalami luka-luka dan gangguan saluran pernafasan. Sampai laporan ini dikeluarkan, jumlah pengungsi sementara data yang masuk kurang lebih 550 jiwa.

“Namun demikian jumlah pengungsi akan terus bertambah mengingat Rekomendasi Tindak Lanju, BPBD Kota Batu akan mengevakuasi seluruh warga yang berada di Desa Sumberbrantas, dan bisa lebih dari 1000 pengungsi,” Jelas Achmad Choirur Rochim.

Hal ini dilakukan, lanjutnya, untuk pertimbangan keamanan dan keselamatan warga, sementara angin kencang yang terus menerjang Batu bagian utara, jalur lalu lintas Kota Batu – Kab. Mojokerto via Cangar ditutup total,TNI, Polri, dan Satpol PP kota Batu mengamankan lokasi terdampak yang ditinggalkan oleh warga.

“Titik Pengungsian untuk warga terdampak ada empat titik yakni, Posko PB BPBD Kota Batu, Rumas Dinas Walikota Batu, Balai Desa Punten dan Balai desa Tulungrejo,” ungkapnya.

Sementara itu KL DeDuwa Forum rembug Warga kota Batu melalui WA melaporkan bahwa pengungsi dari desa Sumberbrantas jumlahnya terus bertambah, di posko BPBD 430 jiwa sedang di Bali desa Punten kecamatan Bumiaji berjumlah 460 pengungsi.

Sedang Rony aktifis lingkungan Kota Batu menyebut bahwa sekarang ini yang mendesak, adalah Panpers, susu bayi, family kids, selimut dan obat-obatan, pembalut serta air mineral.

Reporter : Adi Wiyono
Editor : Amin
Publisher : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here