Dispusip Sampang Gelar Workshop Akreditasi Perpustakaan

oleh -59 views
Foto : Dispusip Sampang laksanakan kegiatan workshop akreditasi perpustakaan dengan peserta kepala sekolah dan kepala perpustakaan sekolah dan perpustakaan desa. Tujuannya, meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja perpustakaan dan menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. (Foto: Nora/SI).

SAMPANG, Jumat (19/2/2021) suaraindonesia-news.com – Untuk memotivasi kepala sekolah dan kepala perpustakaan sekolah serta perpustakaan desa agar melaksanakan pengelolaan perpustakaan berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kabupaten Sampang, menggelar kegiatan Workshop Akreditasi Perpustakaan.

Kegiatan workshop yang di laksanakan di Hotel Panglima Sampang tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Kantor Cabang Sampang dan Pustakawan Madya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur. Dan para peserta dari kepala sekolah dan kepala perpustakaan sekolah SD, SMP, MTs, SMA, SMK, MAN, dan perpustakaan desa.

Dalam sambutannya Kepala Dispusip Sampang Sudarmanto, S.sos, MH mengatakan, akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan, yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan.

Dijelaskannya, komponen yang dinilai pada akreditasi perpustakaan meliputi, koleksi buku, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, penyelenggaraan dan pengelolaan serta komponen penguat. Salah satu komponen penguat adalah motivasi. Untuk itu ia berharap semua perpustakaan sekolah dan perpustakaan desa di Kabupaten Sampang, mampu melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas program serta layanan perpustakaan yang prima.

“Akreditasi perpustakaan adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat (pemustaka) terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan yang bersangkutan. Manfaat yang didapat dari akreditasi bagi perpustakaan adalah meningkatkan motivasi semua unsur yang terlibat dalam pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kinerjanya,” jelasnya.

Terakhir Sudarmanto menjelaskan, kegiatan workshop akreditasi perpustakaan ini dasar pelaksanaannya, UU No 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan. Rencana Kerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sampang. Dan DPA Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sampang Tahun Anggaran 2021. Sementara tujuan kegiatan ini, untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta tentang akreditasi perpustakaan. Memotivasi kepala sekolah dan kepala perpustakaan sekolah serta perpustakaan desa untuk melaksanakan pengelolaan perpustakaan berdasarkan Standar Nasional Perpustakaan. (bersambung)

Reporter : Muh. Nora
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *