Disnak Situbondo Musnahkan 14 Hati Hewan Kurban yang Rusak

oleh -55 views
Petugas RPH Situbondo saat melakukan pemotongan hewan kurban.

SITUBONDO, Jumat (31/7/2020) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 14 dari 1312 ekor hewan kurban yang tersebar di 17 Kecamatan di Kabupaten Situbondo Jawa Timur, pada bagian organ hatinya banyak mengandung cacing yang berbahaya dan dinyatakan rusak.

“Data sementara hasil pemeriksaan tim kami, dari 1312 ternak kurban di Situbondo, ada 14 ekor yang rusak,” kata Kabid Kesehatan masyarakat veteriner (Kesmavet) Dinas Peternakan (Disnak) Situbondo, Ir Sulistiyani.

Selanjutnya, agar tidak berdampak kepada kesehatan orang yang mengkonsumsi, lanjutnya, bagian hati yang rusak dan tidak layak dimakan itu harus dimusnahkan.

“Yang rusak itu pada bagian hatinya ditemukan banyak terdapat cacing berbahaya. Dan tadi sudah langsung dimusnahkan. Kalau dagingnya masih aman dan layak,” ujar Sulis usai memeriksa daging hewan kurban di RPH Situbondo.

Ia menambahkan, jika cacing yang tumbuh dibagian hati hewan kurban itu disebabkan oleh sebagian kecil peternak yang belum sadar tentang pentingnya pemberian obat cacing pada ternaknya. Sehingga cacing hati tersebut bisa berkembang biak.

Namun kasus kali ini, lanjutnya, masih lebih kecil jika dibandingkan dengan kasus kerusakan yang terjadi pada tahun lalu.

“Kasus rusak bagian hati tahun ini lebih kecil dari tahun lalu. Itu karena petugas peternakan sering memberikan obat cacing dan pelayanan gratis pada peternak. Sahingga kasus rusak itu, dapat diminimalisir,” pungkasnya.

Reporter : Ugik
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *