Disiapkan Lahan Pertanian Bawang Merah 3000 Hektar di Pati, Upaya Stabilkan Harga

oleh -8 views
Foto: Kepala Disdagperin Kabupaten Pati, Hadi Santosa, AP; MM.

PATI, Rabu (12/06) suaraindonesia-news.com – Sebagai upaya menstabilkan harga bawang merah di Kabupaten Pati, pemerintah bekerjasama dengan pihak swasta (kemitraan agribisnis) mempersiapkan lahan pertanian bawang merah seluas 3.109 hektar.

Wilayah pertanian yang diproyeksikan untuk tanaman bawang merah itu, meliputi Kecamatan Jaken, Jakenan dan Wedarijaksa.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Pati, Hadi Santosa menyebut, program perluasan lahan pertanian untuk komoditas tersebut, akan terlaksana di tahun ini.

“Dengan luasan sebesar itu, sekali panen atau produktivitasnya mencapai 34.639 ton bawang merah”, kata Hadi Santoso, Rabu (12/06/24).

Hal itu, tambahnya, dilakukan dalam rangka melindungi petani bawang merah agar tidak mengalami kerugian akibat fluktuasi harga disaat panen raya.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Pembangunan, DPUTR Pati Luncurkan SI-DARJA

“Permasalahannya, karena harga fluktuatif yang memicu inflasi, sering over produksi, penyerapan hasil panen yang belum optimal dan belum ada pergudangan untuk tunda jual”, tambahnya.

Selain itu, lanjut Hadi, beaya produksi yang tinggi menambah beban petani sehingga pendapatannya cenderung merugi. Rentang waktu ini, harga bawang merah ada dikisaran 30 ribu hingga 35 ribu rupiah.

Dengan adanya perluasan lahan yang diharapkan produksi bawang merah di Pati semakin tinggi, perusahaan mitra dapat menghubungkan dengan perusahaan besar lainnya untuk menyerap hasil panen. Selain itu, hasil panen juga akan dihubungkan ke wilayah/ daerah yang kekurangan pasokan.

Mendukung dan mengoptimalkan rencana projek tersebut, dinas terkait di Kabupaten Pati, yakni Disdagperin, Bapperida dan Dispertan ditambah pihak swasta terdiri atas petani dan pengusaha bawang merah serta Asosiasi Bawang Merah Pati, telah diundang ke Jakarta oleh Kementerian Koordinator Perekonomian RI, untuk mengikuti rapat pembahasan tentang hal tersebut, pada Kamis 6 Juni 2024.

Tahun 2024, produksi bawang merah di Kabupaten Pati kurang- lebih mencapai 235.143 ton dengan lahan pertanian tersebar di wilayah Kecamatan Wedarijaksa, Juwana, Batangan, Jaken dan Pucakwangi.

Reporter : Usman
Editor : Amin
Publisher : Eka Putri

Tinggalkan Balasan