Disdik Bangkalan Himbau Serapan BOP Paud Tahap Dua Rp 7 Miliar Sesuai Juknis

oleh -622 views
Dra. Hj Soelistijawati MPd Kabid Pembinaan PAUD dan PNF. (Foto: Anam/SI).

BANGKALAN, Jumat (03/01/2019) suaraindonesia-news.com – Dicairkannya Bantuan Operasional Penyelenggara (BOP) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tahap II pada sejumlah lembaga se Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, pada akhir Desember 2019 sebesar Rp 7.218.900.000;00 (Tujuh Miliar Dua Ratus Delapan Belas Juta Sembilan Ratus Ribu Rupiah) Disdik himbau agar dibelanjakan sesuai juklak dan juknis.

Saat ditemui dimeja kerjanya Kepala Disdik Bangkalan melalui Dra. Hj Soelistijawati M.Pd Kabid Pembinaan PAUD dan PNF menghimbau pada semua lembaga penerima agar anggaran BOP PAUD sebesar 7 Miliar anggaran negara tersebut dibelanjakan sesuai dengan Petunjuk Pelaksanaan dan Petunjuk tekhnis sehingga tidak ada permasalahan hukum dikemudian hari.

Tia sapaan akrab Soelistijawati yang sebelumnya menjabat Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian Paud dan PNF (Kurnil) juga mengungkapkan bahwa nominal setiap tahap pencairan BOP bisa berbeda itu berdasarkan pada pengisian Dapodik (Data Pokok Pendidikan) lembaga PAUD juga SPJ penggunaan dana BOP sebelumnya.

“Anggaran BOP tahap II sebesar Rp 7.218.900.000 pada 24.063 anak usia dini sudah cair pada akhir Desember 2019 yang lalu, kami berharap setiap lembaga membelanjakannya berdasarkan juklak dan juknisnya, juga yang dapat tahap I belum tentu dapat lagi di tahap II apabila tidak ngisi Dapodik,” kata Tia saat dikonfirmasi.

Berdasarkan Permendikbud RI No 4 th 2019 tentang juknis penggunaan DAK non fisik berupa BOP Paud Th 2019. menurut Tia pembelanjaannya harus sesuai juknis dan memenuhi beberapa unsur.

“Kegiatan pembelajaran dan bermain yakni 50%, kegiatan pendukung 35% seperti penyediaan makanan tambahan, pembelian peralatan DDTK (Deteksi Dinin Tumbuh Kembang), Penyedian buku admin transport, 15% kegiatan lainnya seperti perawatan sarana prasarana, Dukungan penyediaan alat publikasi diambilkan dari 15% sama dengan pembayaran listrik dan air,” paparnya.

Selain hal itu dirinya berharap bantuan DAK BOP Paud tahap II yang sudah terserap sebesar 7 miliar tersebut berdampak maksimal dalam menunjang peningkatan mutu pendidikan PAUD di Kabupaten Dzikir dan Shalawat.

“Yang jelas semoga BOP bisa bermanfaat pada lembaga untuk meningkatkan mutu pendidikan kalau kebutuhannya mencukupi bisa meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan khususnya anak usia dini,” harapnya.

Reporter : Anam
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan