Disdik Bangkalan Himbau Sekolah Anggarkan Untuk Pencegahan Covid-19

oleh -32 views
Dr. Bambang Budi Mustika M.Pd Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan. (Foto: Anam/SI).

BANGKALAN, Senin (06/04/2020) suaraindonesia-news.com – Makin mewabahnya Covid-19 atau corona virus membuat pemerintah kian serius dalam penanganannya, tanpa terkecuali Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, dengan merubah beberapa pos anggara, menggalakkan perilaku hidup bersih serta pengecekan suhu tubuh dilingkungan kantor dinas setempat.

Kepada sejumlah awak media Dr. Bambang Budi Mustika M.Pd Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangkalan memaparkan bahwa pihaknya telah menerbitkan Surat Edaran perihal arahan penganggaran pencegahan wabah covid-19 dilingkungan sekolah.

“Sudah saya himbau untuk merubah (Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah) RKAS seperti assessment yang tidak sempat dilaksanakan itu bisa dirubah untuk mendukung kegiatan covid-19 ini kesekolah-sekolah,” katanya menjelaskan.

Lebih lanjut menurut Bambang menjelaskan walau biasanya perubahan RKAS itu dilakukan pada Agustus mendatang namun karena saat ini terjadi wabah global dirinya memberi kebijakan pada sekolah untuk segera melakukan perubahan tanpa menunggu bulan Agustus mendatang.

“Kalau biasanya perubahan RKAS itu dilakukan dibulan Agustus, namun sekarang mulai kemarin setelah ada edaran dari Kemendikbud saya buka untuk perubahan melalui (SE) Surat Edaran ini tanpa menunggu Agustus,” paparnya.

Masi kata Bambang untuk APBD Disdik yang dialokasi pada dampak wabah covid-19 ini merupakan alokasi dana yang belum dilaksanakan seperti halnya giat assessment, sedangkan untuk sekolah pihaknya tidak menentukan besaran angka pembelanjaannya, hal tersebut oleh Disdik kebijaknnya dikembalikan pada pihak sekolah agar menyesuaikan pada kebutuhan.

Namun demikian Bambang tetap menghimbau pada sekolah agar transparansi anggaran penggunaan dana BOS baik yang dibelanjakan pada kebutuhan covid-19 maupun kebutuhan operasional sekolah dilakukan secara transparan dengan memampangkan RKAS nya yang strategis agar masyarakat bisa turut serta mengetahuinya sesuai arahan Kemendikbud.

Reporter : Anam
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *