Dipastikan Lulus Semua, Kadindik Berharap Murid Tetap Rajin Belajar

oleh -65 views
Kadindik Lumajang saat talkshow.

LUMAJANG, Minggu (5/4/2020) suaraindonesia-news.com – Masa darurat penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) telah banyak merubah tatanan dan sistem di semua bidang, tidak terkecuali dengan dunia pendidikan. Pada sejumlah media massa, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Anwar Makarim telah memutuskan Ujian Nasional atau UN ditiadakan. Sebagai gantinya sekolah masih bisa melaksanakan ujian sendiri namun dengan sistem online atau sistem dalam jaringan (Daring), sehingga tidak ada tatap muka antara siswa dan guru. Selain itu sekolah bisa mengakumulasi nilai rapor dari semester 1 hingga semester 6 sebagai penentu kelulusan.

Jika melihat ketentuan tersebut, maka pelajar sekolah di Kabupaten Lumajang tahun ini dipastikan akan naik kelas semua dan akan lulus semua. Hal ini diungkap Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Lumajang, Drs. Agus Salim, M.Pd., saat talkshow di salah satu stasiun radio, bersama Ketua DPRD Anang Akhmad Syaifuddin, S.Ag, dan Wakil Ketua DPRD Bukasan, S.Pd, MM.

Agus Salim menjawab kecemasan orang tua atau wali murid yang disampaikan di acara talkshow tersebut terkait perintah belajar bagi anaknya selama darurat corona.

“Nilai tidak berpengaruh pada urusan kenaikan dan kelulusan peserta didik,” ujar Agus Salim menjawab pertanyaan dari pendengar yang resah karena di rumahnya sinyal jaringan lemah dan sering hilang, sehingga khawatir ujian sekolah yang diberikan pada anaknya terganggu.

Meskipun ada kepastian naik kelas dan lulus dari sekolah, Agus Salim tetap menekankan agar pelajar di Kabupaten Lumajang tetap tekun dalam belajar, karena nilai rapor dan ujian sekolah menjadi salah satu acuan untuk menuju pendidikan tingkat selanjutnya baik itu untuk kenaikan kelas maupun untuk jenjang sekolah yang lebih tinggi dengan prestasi yang bagus.

Reporter : Fuad
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *