Dinkes Sumenep Gelar Sosialisasi Pembinaan Keterampilan Guru UKS

Reporter: Liq

Sumenep, suaraindonesia-news.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep menggelar Pembinaan keterampilan Guru usaha kesehatan sekolah (UKS) Program ARU (anak remaja dan usilah) tahun 2016 yang berempat di Aulah Hotel Utami, Senin (23/05/2016).

Dalam acara tersebut dihadir oleh Kabid Kesmas Hj. Kusumawati, dan kasi Kesmas Hj. Susilowati serta kasi Gisi Hj. idah Winarni, dan semua guru SMP, SMA se-Kabupaten Sumenep.

Kasi Kesmas, Hj Susilowati menerangkan, bahwa kegiatan tersebut adalah bentuk sebuah bentuk kepesulian Pemkab Sumenep untuk memajukan mempercepat usaha kesehatan sekolah.

“Dalam rangka sosialisasi program percepatan usaha kesehatan sekolah (UKS), hususnya sekolah SMP, SMA, MTS, MAN yang ada di Kabupaten Sumenep,” jelasnya

Ia menambahkan, Sosialisasi tersebut diharapkan bisa memutivasi setiap sekolah untuk dibentuk kegiatan UKS, agar sekolah bisa menanggulangi para siswa-siswinya yang memerlukan perawatan Kesehatan.

“Dalam pelaksanaan ini pada intinya ingin memberikan keterampilan, pengetauan bagi guru UKS khususnya yang mengelola UKS dimasing-masing Sekolah mengenai keterampilan, pengobatan dasar, P3k atau kejadian-kejadian disekolah sebelum dirujuk ke Puskesmas,” imbuhnya.

Selain itu, menurutnya sosialisasi rsebut juga untuk meningkatkan keterampilan guru UKS didalam membina kesehatan reproduksi remaja (KRR) serta gizi buruk untuk remaja dan penanggulangan terhadap narkoba.

“Kami berharap semua sekolah yang ada di Kabupaten Sumenep harus mempunyai kegiatan Program UKS, Agar siswa siswi bisa terkontrol kesehatannya dan yang sakit di dalam lingkungan sekolah tidak langsung dirujuk ke Puskesmas tapi di rawat atau di kasik pengobatan insentif di sekolah dulu,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here