Dinilai Tidak Sesuai RPJMD, GGAA Soroti Pembangunan Kota Batu

oleh -38 views
Sudarno LSM GGAA

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com –  Lembaga Swadaya masyarakat (LSM) yang berkantor pusat Di Dadaprejo Junrejo Kota Batu,  Good Governance Activator Aliance  (GGAA) Jawa Timur  menilai  pembangunan daerah yang dilakukan di  pemkot Batu ini  ternyata  tidak merujuk   pada Rencana  Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD).

Menurut Sudarno  Koordinator GGAA Jawa Timur   saat ditemui, Kamis (30/7) mengatakan  bahwa kesalahan itu karena Pemkot Batu tidak mengacu pada program Rencana Strategi (Renstra)  pembangunan.

Seharusnya  kata Sudarno, hal ini ini tidak terjadi, sebab selama ini pemkot Batu  telah menyalahi atas program  rentra pembangunan. Untuk itu dalam LKPJ yang dilaporkan walikota  Batu  Eddy Rumpoko Ke DPRD kota Batu   perlu ada peningkatan lebih lanjut.

“Dalam hal ini pemkot Batu harus meningkatkan peran Inspektorat  untuk memantau dan mengevaluasi atas hasil laporan Audit BPK, terkait hasil pengawasan internal” jelasnya

Menurut Sudarno sesuai dengan pengamantan GGAA  bahwa  Program pembangunan itu tidak mengacu review dokumen perencanandaerah RPJMD,  Pemerintah kota Batu harus melakukan review dengan dokumen perencanaan yang disusunnya relevan dengan situasi kekinian, sehingga dengan demikian perlu ada kajian yang konperhensip  yang dilakukan oleh Bapeda setempat.

“Bagaimana pun juga masyarakat sebagai subyek pembangunan di kota Batu bila perlu dilibatkan dalam perencanaan daerah yang disusun oleh pemkot batu” ungkapnya.

Lebih lanjut kata dia, Review RPJMD tidak harus  di DPRD tetapi  cukup mempergunakan Peraturan walikota (Perwali). Dengan demikian ada kemudahan yang bisa diperoleh dari Pemkot Batu. Ketika melakukan review RPJMD. Untuk itu pemkot Batu perlu melihat perencanaan pembangunan dimasing-masing  Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) (Adi Wiyono).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *