Dinilai Tidak Layak, Kantor Desa Beji dan Junrejo Pindah Lokasi

Arief, Camat Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur.

KOTA BATU, Minggu (13/10/2019) suaraindonesia-news.com – Kantor Desa Beji yang berada di Jalan Sukarno Desa Beji dan Kantor Desa Junrejo yang berada di Jalan Diponegoro, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, oleh pemerintah Kota (Pemkot) Batu, sekarang ini dinilai sudah tidak layak lagi sebagai kantor Desa. Pemkot Batu mengusulkan untuk pindah tempat yang lebih luas dan representative.

“Dua kantor Desa itu, Beji dan Junrejo, kami lihat sekarang ini tempatnya kurang representative, kondisi ruangan tidak memadahi, sempit,” kata camat Batu Arief Ardyasana Saat ditemui di tempat wisata kuliner Pring Hardjo Junrejo, Minggu (13/10).

Menurutnya, pemindahan kantor desa ini bukan tanpa alasan, sebab bisa dilihat dari beberapa factor, tempat parkir tidak memadai saat digelar rapat-rapat seperti acara Pilkades dan acara lainnya yang melibatkan banyak masyarakat dan mengganggu pengguna jalan.

“Untuk Beji sudah klier, sudah beres. Konsep dan disainnya dari pemkot Batu sudah siap Pembangunannya akan dilaksanakan tahun 2020, sedang untuk Junrejo masih dilakukan tahap sosialisasi,” Kata dia.

Pemindahan dua tempat kantor desa itu seluruhnya akan menggunakan tanah bengkok desa. Di Beji lokasinya di belakang KUD Batu depan Jatim Park 3, sedangkan di junrejo menggunakan Tanah bengkok desa yang lokasinya bekas pembangunan pasar junrejo yang yang kini mangkrak.

“Di dua tempat yang baru itu lokasi parkir yang cukup luas dan tidak mengganggu pengguna jalan, selama ini yang masih memenuhi jalan, macet di depan kantor desa, Insya Allah dengan tempat yang baru tingkat pelayanan akan lebih maksimal,” tuturnya.

Ditanya soal besaran anggaran pembangunan kantor desa, arief menyebut anggarannya akan menggunakan dana murni Anggaran Pendapatan Belanja Pemkot Batu, sedang kantor desa lama nantinya akan digunakan sebagai kantor Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sementara terkait usulan pemkot Batu yang akan memindahkan kantor desa ke tempat yang baru di bekas tanah bengkok, Sumarsono Anggota BPD Junrejo menyambut positif terhadap usulan itu.

“Kami setuju jika pemkot Batu akan melakukan memindahkan kantor desa ditempat yang baru dilokasi tanah bengkok junrejo, asal sebelum dilakukan pengerjaan proyek, pemkot Baatu harus lebih dulu melakukan sosialisasi,” Jelas Sumarsono.

Menurutnya, sosialisasi kepada masyarakat itu sangat perlu, hal ini untuk menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan dikemudian hari. Dan selanjutnya selain pembangunan kantor Desa, pihaknya juga mengusulkan agar sisa lahan yang digunakan untuk kantor Desa yang baru, untuk digunakan sebagai tempat wisata, yang penting menjadi sumber ekonomi dan kesejasteraan masyarakat.

Reporter : Adi wiyono
Editor : Amin
Publisher : Marisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here