Dinilai Sukses, BPTJ Berikan Penghargaan Kepada 4 Kepala Terminal

oleh
Suasana pemberian Penghargaan

Jakarta, 28/7/2016 (Suaraindonesia-news.com) – Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) memberikan penghargaan kepada 4 kepala terminal. Penghargaan ini diberikan terkait kesuksesan dalam angkutan lebaran.

“Sebetulnya semua terminal sudah baik. Cuma pemberian ini karena mereka lebih signifikan dalam memberikan pelayanan,” ujar Kepala BPTJ Elly Sinaga dalam sambutannya di Kantor BPTJ, Jl. MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, Jumat (22/7/2016).

Elly kemudian memberikan penghargaan itu kepada M Faisol Kepala UP Terminal Angkutan Jalan Dishubtrans DKI Jakarta, Kepala Terminal Rawamangun Bastian, Kampung Rambutan Emiral August D,Terminal dan Kalideres Revi Zulkarnain. Penghargaan ini dikatakan Elly sebagai wujud apresiasi BPTJ terhadap pelayanan dari terminal kepada penumpang.

Elly mengingatkan bahwa hal yang paling diutamakan dalam pelayanan terminal adalah menjamin keselamatan para penumpang. Caranya adalah dengan menjamin kelaikan bus dari perusahaan otobus (PO).

Atas arahan dari Menteri Perhubungan, kemudian BPTJ melakukan rampcheck kepada armada-armada yang menjadi angkutan lebaran.

“Pada waktu rampcheck, ini PO-PO kita perlu kita atur kembali. Karena seharusnya PO punya manajemen keselamatan. Bus harus dicek sebelum masuk pool. Tapi bahkan kita cek di terminal banyak kendaraan tidak laik,” kata Elly.

Elly mengatakan rampcheck yang dilakukan berimbas baik. Banyak PO yang kemudian melakukan perbaikan kendaraannya. Hal ini akhirnya dapat meminimalisir angka kecelakaan pada angkutan lebaran.

“Alhamdulillah secara statistik, angkutan berbasis jalan, kecelakaannya minim. Ternyata bisa diubah, walaupun itu cuma 3 minggu. Bagaimana jika dilakukan rutin? Saya dateng ke pool, mereka langsung betulkan. Minggu pertama 10 persen yang laik, minggu kedua 20 persen, akhirnya hingga 50 persen,” ujar Elly.

Elly menambahkan penghargaan ini juga diberikan atas upaya terminal untuk memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang. Termasuk menjada tarif atas dan bawah juga memberikan laporan yang baik selama lebaran.

Kepala Terminal Rawamangun, Bastian senang atas pemberian penghargaan ini. Ia mengatakan bahwa Terminal Rawamangun memang ingin memberikan pelayanan yang baik kepada penumpang.

“Yang penting bagi saya adalah memberi pelayanan yang baik kepada penumpang. Hal itu kita upayakan dengan melakukan rampcheck, tes kesehatan, tes urine sopir, juga memberikan tempat istirahat,” ujar Bastian.(ADR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *