Dinilai Masih Tertinggal, Desa Lombang Dajah Layak Mendapat Perhatian Serius Pemerintah

oleh -93 views
Peserta pelatihan jurnalisme, panitia KKN foto bersama pemateri dari suaraindonesia-news.com dan advokasi.co (Foto: Anam/SI)

BANGKALAN, Sabtu (10/8/2019) suaraindonesia-news.com – Kelompok Ibnul Qoyim dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2019 Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Syaichona Cholil mengadakan pelatihan jurnalitik untuk peserta didik SMA Al-Hidayah di Yayasan Bustanul Hidayah, Desa Lombang Dajah, Kecamatan Blega, Kabupaten Muara Enim, Sabtu (10/8).

Pemateri yang mengisi pelatihan jurnalistik di kelompok Ibnul Qoyim, KKN STAI Syaichona Cholil dari kabiro Suara Indonesia News dan sekaligus ketua Perkumpulan Jurnalis Bangkalan atau biasa disingkat PEJALAN, Syaiful Anam dan Wapimred advokasi.co, Yodika Saputra.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalistik, agar siswa SMA Al-Hidayah paham akan pentingnya ilmu jurnalistik. Selain itu, agar kegiatan jurnalistik bisa berkembang di sekolah ini,” kata Rido’i mahasiswa Jurusan Bahasa Arab.

Ia berharap, pasca pelatihan kajian jurnalistik mampu melahirkan solusi yang solutif pada setiap sisi persoalan yang ada di desa tersebut. Terutama dalam hal pernikahan dini dan kekeringan. Menurut dia, kekeringan itu menyebabkan semua sektor khususnya perekonomian menjadi lemah.

“Disini persoalan yang pelik kami rasakan bermula dari kekeringan. Sehingga produktivitas lahan pertanian, peternakan dan perikanan tidak maksimal. Hal itu juga yang memicu pesimis masyarakat untuk bertahan di desa ini. Dan kami juga mendapatkan pengakuan masyarakat masih minim menerima sentuhan program dari Pemerintah,” ujarnya.

Rido’i mengatakan kegiatan KKN dilaksanakan dari tanggal 24 Juli 2019 sampai dengan 22 Agustus 2019.

Harapannya, dengan adanya pasca KKN di Desa Lombang Dajah, ia berharap Desa Lombang Dajah perubahan dan peningkatan sektor ekonomi, pendidikan dan hukum agar menjadi lebih baik. Mengingat masyarakat disini banyak merantau dikarenakan keterbatasan dari hal tersebut, termasuk persoalan kekeringan yang membuat warga tidak betah di Desa Lombang Dajah.

Perlu diketahui, KKN Ibnul Qoyyim sudah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pemeriksaan gigi di SDN Lombang Dajah 3 bekerjasama dengan Puskesmas Blega, kajian fiqih kewanitaan dan kegiatan penyuluhan pernikahan.

Reporter : Anam
Editor : Amin
Publisher : Mariska

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *