Dinas Perkebunan Aceh “Suntik” Rp. +_ 8,5 M Dishutbun Abdya Melalui APBA 2015

oleh -13 views

Suara Indonesia-News­.Com, Blang pidie_Aceh Barat Daya – Untuk penikatan usaha Perekonomian rakyat petani kebun dan kelancaran arus transportasi jalan, Pemkab Abdya lewat Dinas Kehutanan dan Perkebunan tahun ini kembali mendapat suntikan anggaran lebih kurang RP. 8,5 Miliar dari Dinas Perkebunan Aceh melalui APBA 2015. Rabu (22/2015)

Amatan sejumlah wartawan, Suntikan anggaran besar +- Rp.8,5 M tersebut untuk pembangunan jalan usaha perkebunan di Aceh Barat Daya (Abdya). ada 34 paket kegiatan, meliputi pengerasan badan jalan, pembukaan jalan baru, serta jalan pengawasan produksi.

PJ. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Abdya, Herman Suriadi SP, anggaran yang dialokasikan tahun ini lebih banyak dari tahun lalu yang hanya berjumlah empat paket. “Pembangunan akan dilakukan di lokasi-lokasi yang mendesak, di lahan perkebunan yang sudah berproduksi,” katanya singkat.  

Tim dari Dinas Perkebunan Provinsi dikatakannya akan meninjau lokasi pembangunan jalan pada Minggu atau Senin hari ini. “Peninjauan penting dilaksanakan, terutama untuk melihat kondisi lapangan. Apabila belum ada tanaman, maka paket jalan perkebunan dialihkan ke lokasi lain yang dinilai sangat mendesak,” tambahnya.

Selain jalan, ke depan pihaknya juga akan mengupayakan melakukan perbaikan pada saluran air (drainase) di kawasan perkebunan. Laporan masyarakat yang ia terima, banyak lokasi perkebunan yang terendam air karena drainase tidak berfungsi lagi, terlebih saat musim hujan.

Bibit sawit unggul

Dalam kesempatan itu, Herman Suriadi juga menginformasikan bahwa Dishutbun Provinsi juga menyalurkan bantuan sebanyak 415.500 batang bibit kelapa sawit unggul untuk petani Abdya.

Bibit sawit yang disalurkan tahun 2015 itu terdiri dari 34.500 batang bibit sawit pola persial (perorangan) dan 7.000 batang bibit sawit pola kelompok sebagai lanjutan program tahun 2014 lalu. “Abdya juga mendapat bantuan 35.000 batang bibit kakao, 43.320 batang bibit pala, dan 28.000 batang bibit karet,” sebut kadis.

Tinjau Lokasi

Saat ini Dinas sedang meninjau beberapa lokasi penerima sesuai dengan data dari dinas kemudian baru diverifikasi kembali. “agar  tidak terjadi tumpang tindih maka saat ini kita bersama tim lakukan peninjauan kelapangan, supaya tepat sasaran. Setelah divirifikasi data penerima (layak atau tidak layak) mendapatkan bantuan maka kita serahkan ke Pimpinan guna dikeluarkan SK penerima bagi setiap Kelompok nantinya”. Jelasnya. (N).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *