Dinas Koprasi Sumenep Jadi Tauan Rumah Dalam Sosialisasi Pembentukan Infrastruktur LKM

Sumenep, Suara Indonesia-News.Com – Komitmen fasilitasi dan upaya menumbuh kembangkan Koperasi di Jawa Timur diwujudkan Pemerintah Provinsi dengan Sosialisasi Pembentukan Infrastruktur Keuangan Lembaga Mikro Keuangan Berbasis Kelompok Fungsional, di Pendopo Agung Keraton Sumenep, dan Kabupaten Sumenep melalui dinas Koprasi menjadi tuan rumah dalam pembentukan sosialisasi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dari empat Kabupaten di Madura pada, Selasa (15/12/2015.

Kegiatan ini melibatkan Koperasi Wanita dari empat kabupaten di Madura dengan tema “Pengembangan Ekonomi Syari’ah Kelompok Wanita di Jawa Timur”, yang juga dihadiri Forpimda serta seluruh kepala SKPD dan Camat Se-Kabupaten Sumenep.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, I Made Sidartha, yang mewakili Gubernur Soekarwo mengatakan, di tengah lesunya ekonomi dunia, bahkan Indonesia, survival ekonomi yang dialami Provinsi Jatim dengan pertumbuhan terakhir di tahun ini mencapai 5,22%, tidaklah terlepas dari peran UKM. Sebab menurutnya, kendati pendapatan umum provinsi ini hampir 30% didapat dari industri, PDRB tersebut tetaplah industri yang berbasis UKM.

“Jadi Pak Gubernur men-state bahwa Jawa Timur adalah provinsi industri yang berbasis pada UKM,’ jelasnya.

Pemerintah provinsi memilih Lembaga Keuangan Mikro untuk menunjang pertumbuhan Industri Berbasis UKM dengan pilihan pertama mendirikan Koperasi Wanita. Alasannya sederhana, dalam hal ini pihaknya menilai wanita lebih teliti dalam pengelolaan keuangan dibanding dengan lelaki pada umumnya.

Jadi kenapa Koperasi? Ketika koperasi awalnya merupakan bagian dari Lembaga Keuangan Mikro, keingianan bersama, niat bersama untuk ikut berkontribusi dalam ekonomi, membentuk suatu usaha ekonomi dengan cara memberikan bantuan-bantuan biaya dari uang yang dikumpulkan antara anggota dan kelompoknya, sekarang kita akan tingkatkan lagi, pemerintah yang akan hadir sekarang,” tuturnya

Sementara itu  Pj Bupati Sumenep Sudharmawan mengatakan, pihaknya merespon kegiatan yang digelar pemprov di Kabupaten Sumenep ini sebagai sebuah kebanggaan sekaligus tantangan dalam upaya meningkatkan peran dan kontribusi Koperasi Wanita.

“Kita telah sepakat bahwa koperasi tidak hanya sebagai mesin ekonomi, tetapi juga dalam penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi pengangguran.

Dalam acara yang menghadirkan pemateri professional dari berbagai kalangan tersebut, Kadis Koperasi dan UMKM, I Made Sidartha pun diberikan kesempatan meninjau pameran produk hasil karya UKM binaan sejumlah SKPD, terlebih Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Sumenep. Didampingi Kadiskoperasi dan UMKM, Imam Trisohadi dan jajaran Forpimda, ia tampak optimis melihat produk-produk unggulan kreasi masyarakat Sumenep, Madura.(min)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here