Diduga Hasil Curian, Petugas KPH Perhutani Randublatung Amankan 11 Batang Kayu Jati

oleh -49 views
Waka ADM KPH Randu Agus kusnandar Saat Membongkar 11 Batang Pohon Jati dalam Truck yang Diduga Hasil Curian. Kamis (9/7).

BLORA, Jumat (10/7/2020) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 11 batang (0.422 M3) kayu jati tidak dilengkapai dengan surat – surat sah diduga hasil curian dari kawasan Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Randublatung Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Kamis (9/7).

Diantaranya yang diamankan petugas Keamanan Perum Perhutani KPH Randublatung, 1 (satu) Unit Kendaraan bermotor roda 4 dan 1 Supir, sedang 2 kernet di bawah umur sebagai tersangka yakni inisial Fsap (17) dan Fklr (16).

Sementara dari pihak keluarga serta kepala sekolah untuk wajib lapor karena keduanya masih sekolah, di sertakan barang bukti Kayu jati.

Wakil Adminitratur Utara KPH Randublatung, Agus Kusnandar menyampaikan bahwa pada saat operasi berlangsung bersama anggotanya hari Kamis (9/7), yang terdiri dari Polhutmob, Anggota Shabara Polres Blora dan anggota CPM.

Kegiatan ini merupakan Patroli rutin dikawasan hutan petak. 83 RPH Njegong BKPH Kemadoh, tiba-tiba sekitar pukul 16.30 di tengarai satu kendaraan roda 4 (Truk) No.Pol. B 9165 DC dikendarai oleh inisial PD (25) warga Dukuh Jegong, Desa Jati, Kecamatan Jati, mengangkut kayu jati sebanyak 11 batang (0.422M3), tetapi ketika dicek petugas ternyata truck bermuatan kayu jati tidak memiliki dokumen surat sah, diduga kayu tersebut berasal dari kawasan hutan.

“Tersangka PD Sempat mengelabuhi petugas dengan menutupi 11 diatas tumpukan rencek (kayu bakar),” ungkap Agus.

Semetara Adm KPH Randublatung Achmad Basuki Menyampaikan, kegiatan penangkapan ini adalah jalan terakhir yang dilakukan, karena tersangka PD sebelumnya juga pernah dan telah dilakukan pembinaan, komsos, namun pencurian kayu diwilayah tersebut masih sering terjadi.

“Semoga menjadikan efek jera bagi para pelaku pencurian hutan di KPH Randublatung,” ujarnya.

Saat ini barang bukti berupa kendaraan truk, 11 batang kayu jati dan tersangka langsung di serahkan ke Polres Blora untuk proses Penyidikan lebih lanjut.

Reporter : Lukman
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *