Di Kota Batu Ada Warganya 20 Tahun Di Rantai

oleh -231 views
Suhadak Tampak di Rantai di ruangan dengan WC dan kamar mandi

Kota Batu, Suara Indonesia-News.Com – Di dusun Sawahan RT. 23 RW. 04 Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota Batu. Sudah 20 tahun lebih Suhadak, 45 tahun terpasung dalam kamar ukuran 3 x 4, ” ujar SF. 29 tetangga Suhadak, (22/07/2015).

Menurutnya,  kegiatan itu sangat tidak manusiawi, dia ( Suhadak. ) dirantai dan tidak bisa beraktifitas apapun, bahkan makan, minum, mandi dan berak dilakukan diruangan itu.

Tampak luar, Di dalam kamar ini Suhadak 20 tahun di Rantai
Tampak luar, Di dalam kamar ini Suhadak 20 tahun di Rantai

Suhadak, kata dia, anak dari Almarhum Pak Sunar, ibunya bernama Rapiamah masih hidup, dia adalah anak kedua dari tiga bersaudara, ” ujarnya.

Dia hidup bersama ibu dan saudaranya, kakaknya bernama Muslikin dan adiknya bernama Nasukin, dan bukan rahasia umum jika keluarganya menutupi pemasungan itu dari pihak luar, ” pungkasnya.

Terpisah, Tokoh Masyarakat Kota Batu Sugoto Parirak. 55, menyesalkan kegiatan itu, mestinya, kata Sugoto, Pemerintah Kota Batu memperhatikan dan melindungi masyarakatnya.

Yang memprihatinkan, kata dia, Suhadak merupakan penduduk Kota Batu, dia lahir di Batu, sekolahnya pun terbaik dan sering juara kelas di sekolahnya di SMUN 1 Batu saat itu, teman se angkatan Suhadak banyak yang menjadi pejabat,  dan dia masih teman dari Kadinsosnaker Kota Batu Eko.

Sugoto berharap, Pemerintah Kota Batu melalui kadinsosnaker bertindak sebagaimana mestinya, dia adalah warga negara yang berhak dilindungi hukum dan menerima hak, karena tindakan itu melanggar hak asasi manusia,” pungkas Sugoto. ( kurniawan).

Tinggalkan Balasan