Di Aceh Timur, Pawai Takbiran Idul Adha Meriah

oleh -404 views
Foto: PAWAI TAKBIRAN: Umat Islam menggunakan berbagai jenis mobil melakukan Pawai Takbiran dalam rangka memeriahkan Lebaran Idul Adha 1438 H/2017 M, di Idi, Kab. Aceh Timur, Kamis (31 Agustus 2017), sekira pukul 21:00 Wib.

IDI, Sabtu (2 September 2017) suaraindonesia-news.com – Pawai Takbiran Idul Adha Tahun 2017 M / 1438 H yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Timur, Kamis 31 Agustus 2017, berlangsung meriah.

Peserta pawai dengan menggunakan puluhan mobil hias dan becak motor (betor) hias mengambil rute dari Pendopo Idi ke Peureulak dan kembali finishnya di Pendopo Idi.

Pawai dilepas Wakil Bupati Aceh Timur, Syahrul Bin Syama’un, didampingi Kapolres Aceh Timur, AKBP Rudi Purwiyanto, S.IkM.Hum dan Sekda Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STPM.AP, serta para kepala SKPK dan unsur Muspika Idi Rayeuk. Kegiatan yang dimotori Bagian Keistimewaan Aceh dan Kesra Setdakab Aceh Timur, berlangsung tertib dan lancar.

Sebelumnya, Pemkab Aceh Timur juga menyerahkan puluhan hewan kurban berupa sapi dan kambing terhadap Dayah/Pondok Pesantren (Ponpes), Balai Pengajian (BP), Masjid dan sejumlah gampong (desa) serta 24 kecamatan se-Aceh Timur. Keseluruhan hewan kurban tersebut dikumpulkan dari jajaran Pemkab Aceh Timur, BUMN, BUMD dan sejumlah perusahaan lain yang beroperasi di wilayah Aceh Timur.

Pelaksanaan Shalat Id dipusatkan di Masjid Agung Darussalihin Idi. Bertindak sebagai Khatib Tgk. Idris (Nurussalam) dan Shalat ‘Id akan diimami Tgk. Jauhari Syah (Idi Rayeuk).

Usai Shalat ‘Id, Wakil Bupati Aceh Timur Syahrul Bin Syama’un, akan membuka Open House di Pendopo Peureulak. Dan Sekda Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STPM.AP di Rumah Dinas (Rumdis) di Idi.

Sementara Open House dikediaman Bupati Aceh Timur di Desa Seuneubok Teungoh, Kec. Darul Ihsan, tetap dibuka sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, namun H. Hasballah HM.Thaib sebagai orang nomor satu di Aceh Timur, saat ini sedang menunaikan ibadah haji.

Sekda Aceh Timur, M. Ikhsan Ahyat, S.STPM.AP, dalam Pelepasan Pawai Ta’aruf Idul Adha 1437 H, menjelaskan, kegiatan tersebut menjadi agenda tahunan dalam merayakan hari-hari besar dalan Islam.

“Kegiatan ini dapat memberikan semangat dan motivasi dalam memeriahkan Pelaksanaan Takbiran Sebagai Bentuk Ungkapan Syukur Kita Dalam Rangka Menyambut Hari Raya Idul Adha 1438 H,” katanya.

Oleh karenanya, Pemkab Aceh Timur mengajak umat Islam terus mengumandang takbir sepanjang malam seraya mengingat kebesaran Allah SWT.

“Takbiran ini penting guna menumbuhkembangkan syukur dan kecintaan kita kepada Allah SWT, sehingga sesama muslim terus berbuat kebajikan sebagai wujud syukur sebagai insan yang beriman dan bertaqwa kepadaNya,” ajak M. Ikhsan Ahyat. (Rusdi Hanafiah).

Tinggalkan Balasan