Dewan Ingatkan Kades, Pengadaan Ternak Desa Harus Sesuai Speck

oleh
Anggota DPRK Abdya Munandar.

ABDYA, Sabtu (18/1/2020) suaraindonesia-news.com – Terkait dengan pengadaan ternak disejumlah Desa di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) yang mengunakan anggaran Dana Desa, diingatkan untuk teliti dan sesuai speck ketentuan pengadaan. Hal tersebut diungkapkan oleh salah seorang anggota DPRK Abdya Munandar.

Menurutnya, pengadaan ternak baik itu sapi, kerbau, kambing, bebek dan ayam dengan dana desa itu harus benar- benar bisa di manfaatkan dan layak untuk dipelihara oleh masyarakat atau kelompok ternak di Desa.

“Jangan asal beli ternak tanpa mengkroscek kondisi dan kelayakan ternak untuk di kembangbiakkan, apalagi dalam skala besar pengadaannya,” kata Munandar.

Munandar menegaskan, pihaknya bersama unsur lembaga lainnya terus mengawal kebijakan kepala Desa dalam hal pengadaan ternak untuk masyarakat, dan apabila terdapat pengadaan yang tidak efektif dan kurang layak menurut kententuan speck pengadaan, maka pihaknya akan melaporkan ke ranah hukum.

“Jangan terkesan pengadaan ternak itu asal beli saja, namun banyak yang tidak layak, seperti kurang ukuran, umur ternak dan jenis ternak, maka ini perlu pemahaman aparatur desa dalam hal pengadaan,” tegasnya.

Selanjutnya ia juga meminta kepada pengawas camat, pendamping (PD) Gampong jangan asik tidur. Harus benar-benar mengontrol kegiatan yang dikerjakan oleh Desa.

“Nantinya jangan timbul persoalan – persoalan. Maka kita minta realisasi dana Desa itu harus tepat sasaran dan disesuaikan dengan aturannya,” pungkasnya.

Reporter : Nazli
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *