Dewan Gagas Perda Sempadan Sungai dan Jalan

DPRD Kota Batu menggagas penyusunan Perda sempadan sungai dan jalan

KOTA BATU, Rabu (12/13/2017) suaraindonesia-news.com – Banyaknya bangunan di Kota Batu yang melanggar sempadan sungai dan jalan, membuat DPRD Kota Batu menggagas penyusunan Perda sempadan sungai dan jalan. Rencananya, Perda tersebut akan disusun pada tahun 2018 mendatang.

“Ya, kami prihatin dengan banyaknya bangunan yang menyalahi sempadan sungai dan jalan. Baik itu hotel maupun perumahan. Itu sebabnya, tahun 2018 mendatang, kami akan melakukan revisi terhadap prolegda atau program pembuatan peraturan daerah. Salah satu di dalamnya nanti akan kami memasukkan Perda tentang sempadan sungai dan jalan tersebut,’’ ujar Nurohman, Wakil Ketua DPRD Kota Batu, di sela-sela kunjungan kerja di wilayah RW.10, RW.09, dan RW.06 Kelurahan Temas, Rabu (13/12/2017) siang.

Dijelaskan, mendesaknya penyusunan Perda ini terkait dengan fungsi pentingnya sempadan sungai dan jalan bagi kepentingan masyarakat. Sebab, jangan sampai muncul kejadian yang sempat menewaskan salah seorang warga RW.10 Kelurahan Temas saat memperbaiki rumahnya di bibir sungai

“Saya berharap, tragedi meninggalnya warga di RW.10 Temas ini untuk yang pertama dan terakhir kalinya. Jangan ada korban lagi,’’ jelas Nurohman yang juga Ketua DPC PKB Kota Batu ini.

Hal senada juga diungkapkan Ir. H. Masruchin, MM, Ketua RW.10 Temas. Diakuinya, di wilayah RW.10 memang banyak bangunan yang berdiri di sempadan sungai. Baik itu perumahan, maupun tempat usaha.

“Memang benar, di wilayah kami memang ada beberapa bangunan yang berdiri di atas sempadan sungai. Bisa jadi, bangunan ini berdiri, karena selama ini memang belum ada aturan dari pemerintah daerah yang berupa Perda dan mengatur masalah hal itu,’’ ungkapnya.

Selain meninjau beberapa lokasi bangunan yang menyalahi sempadan sungai dan bangunan, Wakil Ketua DPRD Kota Batu Nurohman juga melihat dari dekat pembangunan jembatan di wilayah RW 09 dan RW 07.

Di samping itu, Nurohman juga menyerap aspirasi warga RW.07 terkait dengan kondisi sumber HIPPAM nya yang berada di dasar sungai, serta pavingisasi di RT 06, RW 09 Temas. (Adi wiyono/Jie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here