Desa Wisata Kemiri Panti Dapat Bantuan Pengembangan Wisata

oleh -572 views
Penyerahan simbolis bantuan untuk pengembangan Desa Wisata Kemiri Panti. (Foto: Istimewa)

JEMBER, Minggu (28/11/2021) suaraindonesia-news.com – Desa wisata Kemiri, Kecamatan Panti Jember mendapatkan bantuan pengembangan potensi wisata dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) Kemenkeu Republik Indonesia.

Bantuan pengembangan wisata tersebut berupa pengembangan spot wisata dengan menambah beberapa tempat selfie serta pembuatan gapura.  Selain itu akan dibangun taman baca serta literasi, serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui seminar tentang digital marketing yang nantinya akan membantu masyarakat mengembangkan secara mandiri potensi wisata yang sudah ada.

“Hari ini program kita ada tiga. Pertama pengembangan spot wisata, di dalamnya ada pengadaan spot selfie serta pembangunan gapura. Yang kedua adalah pengembangan taman baca di Desa Kemiri. Yang ketiga pengembangan potensi digital marketing,” jelas Ketua Panitia Proyek Sosial LPDP, Ida Ayu Bika.

Dia menambahkan akan ada buku petunjuk yang diberikan kepada desa sebagai panduan untuk mengembangkan potensi-potensi lain di Desa Kemiri, sehingga pengembangan desa terus berlanjut meski program kolaborasi antara LPDP dan Pokdarwis yang kemungkinan berakhir pada bulan September 2022.

“Untuk ke depan kita ada dukomen yang akan kita bagikan dengan teman-teman Pokdarwis yang bisa digunakan sebagai road map ke depannya,” paparnya.

Bika juga mengungkapkan bahwa pemilihan Desa Kemiri sebagai tempat pelaksanaan kegiatan, karena adanya semangat perjuangan dari masyarakat di dalamnya yang membuat Desa Wisata tersebut berkembang sangat cepat.

“Jadi waktu itu kita berpikir karena potensinya besar, juga berkembang dengan sangat cepat. Hal-hal yang penting adalah kalau desa itu berkembang dengan cepat berarti ada peran orang-orang di dalamnya yang aktif, itu satu hal yang kita rasa sangat penting,” ungkapnya.

Selain itu, dia menilai, lokasi yang mereka pilih masih mudah untuk diakses, sehingga nantinya mereka bisa memberikan kontribusi penuh pada pengembangan Desa Wisata Kemiri.

Di lain pihak, Kepala Desa Kemiri Baidawi merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan sosial yang dilakukan LPDP di desanya.

Kades berharap langkah tersebut menjadikan Desa Wisata Kemiri semakin berkembang dan dikenal banyak pihak dan layak untuk dikunjungi.

“Harapannya, wisata kita menjadi lebih berkembang di masyarakat dan layak dikunjungi,” ucapnya.

Sebagaimana tujuan pembentukan desa wisata ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang pariwisata dan UMKM.

Kegiatan ini diikuti oleh masyarakat, pemerintah desa dan kecamatan yang hadir. Begitu pula dari pihak LPDP ada 22 orang mengikuti acara secara langsung dan 174 lainnya melalui zoom meeting.

Reporter : Guntur Rahmatullah
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan