Desa Sumberbrantas Kembali Normal, BPBD Kota Batu Hentikan Bantuan Logistik

oleh -33 views
Bantuan logistik untuk korban angin kencang Sumberbrantas di posko PMI jalan Kartini Kota Batu.

KOTA BATU, Selasa (22/10/2019) suaraindonesia-news.com – Badan Penanggulanagan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu menghentikan Bantuan logistik korban pengungsi Angin kencang Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu dari masyarakat. Lantaran hingga, Selasa (22/10/2019) siang pukul 15.00 WIB pasokan logistik, berupa bantuan dari masayarakat mengalami over load, bantuan berlimpah dan kondisi cuaca di Desa yang jaraknya dari Balai Kota Batu sekitar 18 kilometer itu mulai pulih. Desa itu kembali normal.

Kasi kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim, mengatakan dari hasil koordinasi BPBD Kota Batu dengan pihak-pihak terkait bahwa sampai saat ini Posko PB BPBD Kota Batu dan pos-pos pengungsian yang ada untuk sementara tidak menerima bantuan berupa apapun karena bantuan logistik mengalami over load.

“Pusdalops PB BPBD Kota Batu sampai dengan Hari ini dapat menginformasikan bahwa Posko PB BPBD Kota Batu dan pos-pos pengungsian yang ada untuk sementara tidak menerima bantuan berupa apapun,” jelas Achmad Choirur Rochim Selasa (22/10/2019).

Alasan dia, karena bantuan melimpah di Posko PB BPBD Kota Batu dan pos-pos pengungsian yang ada, meskipun demikian. Dapur umum di posko PB BPBD sampai saat ini masih terus aktif mengolah kebutuhan logistik untuk pengungsi.

“Meski sudah resmi menghentian bantuan logistik dari masyarakat dan segala bentuk bantuan sampai saat ini sudah terdistribusi dengan baik ke posko-posko pengungsi yang sudah terdata di Posko,” ungkapnya.

Satu hari sebelumnya, BPBD Kota Batu telah merilis resmi melalui group WA Media Center Bencana bahwa sebanyak 1.182 pengungsi angin kencang Sumberbrantas yang tersebar disejumlah titik di wilayah kota Batu, membutuhkan pasokan logistik, seperti selimut, pembalut, Matra, Famili Kit Iud ware, kebutuhan balita dan Pampers.

Selain itu menyebut bahwa kebutuhan yang mendesak adalah Obat-obatan (obat mata) minyak kayu putih, Tisue basah, Tisue Kering, Sun bubur bayi, Susu Bayi, Susu kental, Handuk, pakaian dalam perempuan, laki-laki, dan anak-anak, masker, bahan sembako dan Pakaian bayi.

Sementara Berdasarkan informasi dari tim BPBD kota Batu di lokasi Desa Sumberbrantas bahwa untuk saat ini cuaca di Desa Sumberbrantas sudah mulai mem baik. Cuaca terpantau cerah dengan kondisi angin normal.

Saat ini kondisi jalan raya sudah bersih dari material pohon tumbang. Dari lapangan terpantau juga bahwa kebutuhan air bersih sudah tercover dengan baik, kondisi jaringan listrik sudah pulih sekitar 90% dan kondisi jaringan seluler dan telekomunikasi sudah pulih sekitar 90%.

“Diperkirakan besok kondisi jaringan listrik dan komunikasi sudah pulih sepenuhnya. Secara umum kondisi di Desa Sumberbrantas sudah mulai kondusif. Tim kami sedang melakukan pendataan jumlah kerugian material dari dampak bencana angin kencang,” pungkasnya.

Reporter : Adi wiyono
Editor : Amin
Publisher : Marisa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *