Desa Sambirejo Timur Wakili Deli Serdang Ikuti Lomba Desa Percontohan PKK Sumut, Ini Kata Kades

oleh -92 views
Foto: Kades Samtim, Kecamatan Percut Sei Tuan, Muhammad Arifin, saat melakukan persiapan untuk menjadi perwakilan desa se Deli Serdang mengikuti lomba 'Hatinya PKK' di tingkat ProVinsi. (M. Habil Syah/SI)

DELI SERDANG, Selasa (01/11/2022) suaraindonesia-news.com – ‘Aku Hatinya PKK’ adalah kegiatan dari 10 Program Pokok PKK di Kelompok Kerja (Pokja) III Bidang Sandang, Pangan dan Tata Laksana Rumah Tangga yang menjadikan pekarangan rumah sebagai sumber pangan keluarga yang bersumber dari pangan asal tumbuhan dengan pengelompokan sebagai lumbung hidup keluarga, warung hidup, dan apotek.

Hal ini adalah upaya untuk ketersediaan pangan di rumah tangga dalam mewujudkan ketahanan pangan keluarga. Begitu juga pangan asal ternak dan pangan asal ikan serta menggerakkan percepatan keanekaragaman konsumsi pangan masyarakat yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) serta dapat meningkatkan pendapatan keluarga.

Berangkat dari sini Desa Sambirejo Timur (Samtim) mendapatkan penilaian lebih sehingga dapat mewakili Kabupaten Deli Serdang untuk mengikuti perlombaan Desa Percontohan ditingkat Propinsi.

“Saya rasa sangat wajar kalau Desa Sambirejo Timur menjadi perwakilan lomba Aku Hatinya PKK ditingkat Propinsi Sumatera Utara, sebab tahun lalu pada saat Kepala Desa sebelumnya, lomba Hatinya PKK ditingkat Kabupaten, Desa Sambirejo Timur yang mendapatkan juara satu, jadi otomatis perwakilan Desa untuk lomba Hatinya PKK ditingkat Propinsi,” kata Muhammad Arifin, Kades yang baru dilantik sekitar lima bulan ini, Selasa (01/11).

“Walau Kadesnya sekarang sudah berganti hal ini menjadi semangat bagi saya selaku Kades yang baru untuk memberikan yang lebih baik lagi dengan semaksimal dalam perlombaan Hatinya PKK ditingkat propinsi ini, terlebih lagi Desa Samyim membawa nama Deli Serdang,” katanya lrbkh lanjut.

Menurutnya, setiap peserta lomba pasti mempunyai harapan untuk menang. Sebab itu, pihaknya berharap bahwa yang terpenting tindakan setelah lomba selesai, akan tetap berkomitmen dalam memahamkan dan mensosialisasikan ke seluruh elemen masyarakat.

“Tujuannya, agar dapat memanfaatkan pekarangan rumahnya masing-masing untuk menanam tanaman yang bisa menjadi ketahanan pangan warga,” ucap Arifin.

Sebelumnya, Rombongan Tim Kelompok Kerja (Pokja) PKK Sumatera Utara bersama Wakil Ketua TP PKK Deli Serdang, Ny Sri Pepeni M Ali Yusuf Siregar, Asisten I Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Deli Serdang, Drs Citra Effendi Capah MSP, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Drs Khairul Azman MAP, Camat Percut Sei Tuan, A Fitryan Syukri SSTP MSi, dan lainnya disambut lantunan Salawat Badar oleh anak Sanggar Seni Perdana Sambirejo Timur, pada Senin, (31/10/2022) kemarin.

Dari 11 Dusun, tercatat 10 Dusun sudah mendapat bantuan, seperti bibit sayur mayur, ikan, pupuk, dan lainnya. Desa (Sambirejo Timur) ini cukup padat. Namun, desa ini memiliki akses atau jalan yang bisa tembus langsung ke Jalan Arteri menuju Bandara Kualanamu.

Reporter : M. Habil Syah
Editor : M Hendra E
Publisher : Nurul Anam

Tinggalkan Balasan