Desa Mekar Jaya Jadi Tuan Rumah Lomba Lingkungan Bersih Dan Sehat Tingkat Provinsi Tahun 2019

Penyambutan Tim Juri Provinsi, dan Sekretaris Dinas Kesehatan Batanghari.

BATANGHARI, Selasa (19/11/2019) suaraindonesia-news.com – Di bawah Binaan Puskesmas Penerokan Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari di adakan Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) Selasa (19/11).

Di karenakan Desa Mekar Jaya sudah mencapai 100℅ nya Open Defecation Free (ODF) maka Sudah layak menyadang Desa Lingkugan Bersih dan Sehat (LBS), dan melalui tahapan-tahapan panjang yang sudah di lalului Desa Mekar Jaya yang sudah menjuarai LBS tingak Desa, Kecamatan dan Provinsi.

Acara Kegiatan di awali dengan Tari persembahan tabur Beras Kunyit untuk menyambut kedatagan Tim Juri Bapak Alidan, Skm, M.kes Dari Provinsi Jambi, Bapak Syahirsyah, Sy Bupati Batanghari yang di wakili oleh Bapak Suhabli, MM selaku Staf Ahli pemkab Batanghari.

Acara ini turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Dr.Hj.Elfie Yenie, MARS yang di wakili Sekretaris Asrofi, Skm, Kepala seksi Kesehatan Lingkungan M. Romli Skm, M.Kes, Drg. Gusri Nety Kepala Puskesmas Penerokan, Ketua PKK Desa Mekar Jaya, Sekretaris Desa Mekar Jaya Syaparudin dan seluruh SKPD Batanghari.

Adapun indikator yang di nilai, Buang Air Besar Harus di Wc (Jamban Keluarga), Selalu Mencuci Tangan Pakai Sabun, Pengelolahan Air Minum dan Makan Rumah Tangga, Pengamanan Sampah Rumah Tangga yang Blbenar dan Pengamanan Limbah Cair Rumah Tangga yang benar, Bebas Asap Rokok, Senam Lansia.

“Lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) ini adalah rangakain dari kegiatan Indonesia Sehat, Desa Mekar Jaya bisa masuk Nominasi ikuti lomba LBS tingkat Nasional mewakili Provisi Jambi,” kata Alidan, Skm, M.Kes. Selaku dewan juri.

Sementara Kepala Seksi Kesehatan Lingkungan M. Romli Skm, M.Kes, mengatakan, tujuan kegiatan ini agar masyarakat sehat, Desa Sehat, Kecamatan Sehat, dan Kabupaten sehat menuju Nusantara Sehat.

“Harapan Dinas Kesehatan, perlombaan seperti ini harus di tingkatkan di Desa-Desa lain, yang diutamakan kegiatan ini adalah Open Defecation Free (ODF),” tutur M.Romli.

Sementara Kepala Puskesmas Penerokan, Drg.Gusri Nety, mengatakan, kegiatan ini sudah di persiapkan selama Empat Bulan untuk mengikuti tingkat Desa, Kabupaten, dan tingkat Provinsi.

“Besar harapan saya Desa Mekar Jaya ini bisa bersaing dengan Desa-Desa lainnya yang masuk nominasi di Tingkat Nasional,” ujar Drg. Gusri Nety.

Syafaudin selaku Sekretaris Desa Mekar Jaya berharap dengan ada nya kegiatan ini pihaknya menginginkan menjadi Desa Mandiri.

“Harapan kami dengan adanya LBS ini masyarakat kami lebih menyadari tentang lingkungan bersi, karena Desa Mekar Jaya ini ingin menjadi Desa Mandiri,” tutup Syafaudin.

Di Penghujung kegiatan ditutup dengan Tari Enam langkah Gerakan Cuci Tangan yang benar dari adik – adik SD N 148 Desa Mekar Jaya, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari.

Reporter : Jepri
Editor : Amin
Publisher : Oca


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here