Desa di Sumenep Sudah Bisa Mengajukan DD dan ADD Tahap III, Ini Syaratnya

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Ach. Masuni saat ditemui diruang kerjanya.

SUMENEP, Selasa (4/9/2018) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Desa yang tersebar pada 31 kecamatan/kelurahan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mereka sudah bisa mengajukan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap ketiga tahun 2018.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep, Ach. Masuni mengatakan, untuk pencairan ke kas desa, harus mengajukan permohonan.

“Desa sudah bisa mengajukan pencairan DD dam ADD tahap ketiga ini,” katanya, Selasa 04 September 2018.

Menurutnya, ada beberapa persyaratan pengajuan permohonan pencairan. Salah satunya, melampirkan Surat Pertanggungjawaban (SPj) penggunaan DD dan ADD tahap pertama dan kedua.

“Iya memang karena syarat untuk pencairan tahap ketiga ini adalah SPj realisasi DD dan ADD tahap pertama dan kedua. Jika desa tidak menyetorkan SPj itu, dana itu tidak bisa dicairkan,” terang Masuni.

Masuni mengaku, untuk pencairan DD dan ADD tahap pertama adalah desa harus menyetorkan SPj realisasi DD dan ADD tahun 2017. Sedangkan pencairan tahap kedua, desa harus menyetorkan APBDes tahun 2018.

Dirinya berharap, 330 Pemerintah Desa yang ada di Kabupaten ujung timur pulau Madura itu bisa tertib administrasi dalam merealisasikan keuangan desa seperti DD dan ADD.

“Karena, dana yang dikucurkan pemerintah pusat ke pemerintah desa itu untuk peningkatan kesejahteraan rakyat di pedesaan,” tukasnya.

Untuk diketahui, total anggaran DD untuk Kabupaten Sumenep tahun 2018 ini sebesar Rp 278 miliar dan ADD Rp 123 miliar.

Reporter : Syaiful
Editor : Amin
Publisher : Imam


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here