Desa Buket Kareung Pante Bidari Gelar Musrenbang Tahun 2019

Acara Musrenbang Desa Buket Kareung, Kec. Pante Bidari, Kab. Aceh Timur.

ACEH TIMUR, Kamis (14/11/2019) suaraindonesia-news.com – Untuk menghasil kesepakatan bersama Rencana Kerja Pembangunan (RKP) Tahun Anggaran 2020, Desa Buket Kareung, Kecamatan Pante Bidari, Kabupaten Aceh Timur, menggelar Musyarawah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes). Kamis (14/11) di Aula Meunasah Gampong.

Musrenbang merupakan forum Desa/Gampong untuk menyusun perencanaan pembangunan Desa sebagai mana amanat Permendagri nomor 66 tahun 2007 tentang penyusunan Rencana Kerja Desa (RKP).

Keuchik Gampong Buket Kareung Tgk, Abdul Wahab mengatakan, Musrenbang hari ini diharapkan mampu membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan Desa, dengan cara menggali seluruh potensi dan pembangunan baik dari dalam maupun luar Desa, dengan memaksimalkan partisipasi masyarakat serta ketersediaan anggaran yang ada.

Dalam kesempatan tersebut, Keuchik juga memaparkan capaian hasil realisasi kegiatan pembangunan yang telah dilaksanakan tahun 2019, serta menjelaskan besaran pendapatan yang diterima dari berbagai sumber keuangan yang masuk melalui rekening kas Desa.

“Ini sebagai wujud transparansi pengelolaan keuangan Desa,” ujar Tgk Wahab.

Sementara Ketua Tuha Peut Gampong (TPG), M.Nur Sabri, SE mengharapkan setelah lahirnya program pembangunan lewat Musrembang, akan menjadi acuan RKP yang selanjutnya akan diusulkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (RAPBG) tahun 2020.

TPG selaku Lembaga Pengawasan Gampong meminta kepada Satuan Kerja Pemerimtahan Gampong (SKPG) dapat melaksanakan kegiatan sesuai aturan dengan berpegang pada prinsip azas manfaat, transparansi dan akuntabel.

“Saya juga berharap Musrenbang benar-benar dapat menyerap aspirasi masyarakat dari bawah (button up), tentu harus melihat juga dampak manfaat bagi masyarakat serta pembangunan infrastruktur harus terkoneksi dengan peningkatan ekonomi masyarakat,” ujarnya.

Iaber juga harapa, Dana Desa yang di alokasikan oleh pemerintah harus di manfaatkan semaksimal mungkin, efektif dan efisien.

Acara Musrenbang Desa turut dihadiri Camat Pante Bidari, M Nasir, SP, dan utusan Danramil serta Kapolsek Pante Bidari, serta perwakilan masyarakat masing-masing Dusun.

Reporter : Masri
Editor : Amin
Publisher : Oca


Warning: A non-numeric value encountered in /home/suaraindonesia/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 1008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here