Desa Blang Ubit Salurkan Zakat untuk Fakir Miskin, Camat Madat Akan Bentuk Baitul Mal Gampong

oleh -166 views
Camat Madat, Muchtaruddin, SE saat memantau penyuran zakat padi di Desa Blang Ubit.

ACEH TIMUR, Selasa (14/09/2021) suaraindonesia-news.com – Pemerintah Desa Blang Ubit, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur hari ini Selasa (14/9) menyalurkan zakat padi kepada fakir miskin. Sementara Camat Madat saat meninjau langsung penyaluran zakat menyampaikan program kedepan untuk membentuk Baitul Mal di tingkat Gampong.

Imum Gampong Blang Ubit, Tgk Ridwan kepada media ini mengatakan, bahwa setiap selesai panen padi, zakat yang telah terkumpulkan dari petani dibagikan kepada fakir miskin, untuk panen kali ini amil zakat berhasilkan mengumpul zakat padi sekitar 25 ton.

“Setiap panen rata-rata yang terkumpul zakat padi 25-30 ton, dari 80 hektar luas lahan sawah yang ada di desa Blang Ubit,” jelas Tgk Ridwan.

Untuk menjaga kualitas gabah, ia beberapa tahun lalu telah membangun gudang dan lantai tempat jemuran padi, agar padi jangan sampai membusuk, sehingga kualitas padi tetap kering, sebab sebagian padi yang dikumpulkan ada yang basah, apalagi saat cuaca hujan.

“Jika sempat gabah/padi basah dan membusuk, harga gabah pun turun,” terangnya.

Keuchik Blang Ubit, Idrus mengatakan bahwa Warga nya sangat terbantu dengan penerimaan zakat, selain punya hasil panen sendiri, keluarga fakir dan miskin mendapatkan senif zakat.

“Alhamdulillah sangat terbantu dalam kebutuhan pangan keluarga miskin,” ujar Idrus.

Semwntata Camat Madat Muchtaruddin, SE saat dimintai tanggapan terkait potensi zakat padi di Kecamatan Madat, disela-sela tinjauan nya dalam penyaluran zakat di Desa Blang Ubit mengungkapkan bahwa potensi zakat padi di Kecamatan Madat sangat besar, bila dihitung luas areal sawah pendapatan zakat bisa mencapai Rp 4 milyar per panen.

“Untuk peningkatan zakat dirinya sudah berkordinasi dengan dinas terkait untuk pembentukan Baitul Mal di tingkat Gampong, tujuan nya selain peningkatan pendapatan zakat, pengelolaan zakat agar lebih baik lagi,” tuturnya.

Dalam waktu dekat kata dia, pihaknya akan membuat pertemuan dengan Keuchik, Tuha Peut dan Imum Gampong di kecamatan madat, selain mensosialisasi juga kita mintakan kepada Gampong untuk menyiapkan qanun gampong tentang Baitul Mal serta pembentukan pengurus Baitul Mal.

Sulaiman Tokoh masyarakat Madat, saat dimintai tanggapan terkait rencana Camat Madat untuk membentuk Baitul Mal disetiap Gampong, dirinya sangat mendukung terhadap rencana pembentukan Baitul Mal di Tingkat Gampong.

“Jika setiap Desa sudah terbentuk Baitul Mal, pengelolaan zakat lebih baik lagi, jika pengelolaan sudah baik, saya yakin pendapatan zakat semakin meningkat,” tutur Mantan anggota DPRK Aceh Timur ini.

Selain sumber zakat padi, jata dia, nanti juga akan bertambah dari zakat mal/harta.

Reporter : Masri
Editor : Redaksi
Publisher : Syaiful

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *