Departemen ESL, FEM IPB University Lakukan Diskusi Pengelolaan Pojok Kreasi Dengan PKK Desa Pasarean

oleh -37 views

BOGOR, Jumat (14/08/2020) suaraindonesia-news.com – Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), FEM IPB University melaksanakan kegiatan temu perdana dan diskusi bersama, terkait pembangunan dan pengelolaan pojok kreasi di Desa Pasarean, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Kamis (13/08).

Kegiatan temu perdana dan diskusi bersama dihadiri oleh Bahroin Idris Tampubolon, SE, M.Si., selaku dosen dari Departemen Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (ESL), beberapa perangkat desa dan ibu-ibu PKK di Balai Desa Pasarean.

Pojok kreasi merupakan wadah atau sarana media promosi dan publikasi produk-produk kerajinan yang dibuat oleh warga Desa Pasarean. Adanya pojok kreasi diawali dengan kehadiran kegiatan Bank Sampah Srikandi Berdikari (BSSB) yang membuat produk kerajinan dari olahan sampah an organik menjadi produk yang bernilai ekonomi.

Pojok kreasi bukan hanya untuk sarana produk olahan sampah, tetapi juga dapat menjadi sarana untuk produk-produk lain dari Desa Pasarean. Pojok kreasi terdiri dari ruang display utama yang dilengkapi dengan rak, lemari dan komputer untuk memamerkan produk- produk kreasi kepada tamu-tamu dan calon pembeli. Kemudian, ruang workshop yang dilengkapi meja kerja dan mesin jahit untuk ibu-ibu berkreasi.

Pada awal diskusi, Bahroin memaparkan maksud adanya diskusi bersama untuk membahas mengenai rencana pengelolaan pojok kreasi, dan dilanjutkan dengan pemilihan koordinator pojok kreasi dari ibu-ibu PKK.

“Pojok kreasi dapat dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul, sharing, bahkan tempat untuk mengolah produk-produk oleh ibu-ibu PKK dan warga desa, yang harapannya juga dapat menjadi hilir atau supermarket untuk membantu memasarkan produk-produk kerajinan Desa Pasarean agar memiliki jangkauan pasar yang lebih luas,” ungkapnya.

Sebagai pembina pojok kreasi, Istri Kepala Desa Pasarean Ipon menuturkan, perlu adanya perwakilan dari masing-masing POKJA untuk menjadi tim pojok kreasi.

Menurutnya, hasil dari diskusi, didapatkan Endah Trisnawati sebagai penanggung jawab pojok kreasi yang didampingi oleh tim nya yaitu Eva dan Mimin dari POKJA lain.

Dirinya berharap dengan adanya program pojok kreasi ini dapat meningkatkan perekonomian warga Desa Pasarean.

Acara diskusi ditutup dengan peninjauan pembangunan pojok kreasi dan foto bersama.

Reporter : Iran G Hasibuan
Editor : Amin
Publisher : Ela

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *