Demi Masa Depan Anak Cucu, Polres Langsa Tanam Ribuan Pohon Buah

oleh -344 views
Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan SIK.MSc, beserta personil polisi lainnya sedang menanam pohon buah. Selasa (14/1/2020).

LANGSA ACEH, Rabu (15/1/2020) suaraindonesia-news.com – Sebanyak 2000 batang pohon buah – buahan ditanam di Taman Buah Polres Langsa serta semua lahan di Jajaran Polsek yang ada di dalam Wilayah Hukum Polres Langsa, Selasa (14/01/2020).

Polres Langsa, tidak tinggal diam, ikut menyukseskan program Kapolri Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si, berupa penanaman sejuta pohon se Indonesia.

Kegiatan penanaman pohon turut dihadiri oleh Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM, Kajari Langsa Ikwal Nul Hakim, SH, MH, Ketua Pengadilan Dr Nur Naningsih Amriari, SH, MH, Ketua DPRK Langsa, Tokoh Masyarakat, Ketua Bhayangkari Cabang Langsa Ny Titin Andy beserta personil kepolisian di jajaran Polres Langsa.

Kegiatan penanaman pohon, terlebih dahulu diawali apel, pohon – pohon yang ditanam digelar di Taman Buah Asrama Polisi Jalan Syiah Kuala, Aspol Polres, Pasar Hewan, Kota Langsa, dan di beberapa titik sekitar Polsek Jajaran.

Jumlah pohon yang ditanam mencapai 2000 Pohon, tersebar di 5 kecamatan se kota langsa, diantaranya di kecamatan Langsa Kota, Langsa Lama, Langsa Timur, Langsa Baro dan Langsa Barat. Pohon – pohon tersebut, tersebar di kawasan jajaran Polsek Wilayah Hukum Polres Langsa. Semuanya pohon yang ditanam adalah pohon buah-buahan.

Kapolres Langsa AKBP Andy Hermawan, SIK, M, Sc. Mengatakan, Polres Langsa bersinergi dengan pemerintah, elemen masyarakat, TNI dan stakeholder untuk menggelar kegiatan penanaman 1 juta pohon.

“Pagi hari ini kita melaksanakan penanaman pohon buah di wilayah yang ditumbuhi semak belukar dan sekarang areal yang sudah kita tanamkan berbagai pohon buah tersebut, yakni, sekarang ini dilokasi penanaman sudah terlihat sebagai bentuk kebun buah seperti milik perkebunan petani,” ujarnya.

“Ini merupakan kontribusi dari Kepolisian untuk turut mensukseskan apa yang menjadi kebijakan dari pada pimpinan Polri menanam, jadi kita bisa menanam pohon buah disekitaran kantor, di Asrama Asrama Polri dan tempat-tempat lain juga,” imbuhnya.

Apalagi kata dia, untuk pertama kalinya kota Langsa sangat-sangat menggalakkan penanaman pohon, jadi semuanya saling bersinergi untuk melaksanakan tanam pohon ini.

“Lanjut Andy Hermawan, menanam pohon sangat besar manfaatnya, karena menanam pohon ini, suatu hari nanti akan dinikmati oleh anak cucu, walaupun kita sekarang ini yang menanamkan pohon buah tidak dapat merasakan, akan tetapi yakinlah semua kebaikan kebaikan ini akan mengikuti jejak kita sehingga yang lainnya bisa juga melaksanakan penanaman pohon demi melestarikan keindahan lingkungan dan penghijauan,” tuturnya.

Selain itu, penanaman pohon ini juga sebagai langkah antisipasi semua pihak terhadap bahaya pemanasan globa dan banjir.

“Kita juga memberi contoh pada anak cucu kita ke depan, bahwa kita bisa menikmati hasil tanaman kita. Karena yang ditanam adalah tanaman berbuah,” ujarnya.

Hal Senada juga disampaikan, Wakil Walikota Langsa Dr Marzuki Hamid,MM penanaman pohon banyak manfaatnya apalagi yang ditanam adalah pohon buah-buahan.

“Akan berdampak positif bagi kita. Semakin banyak pohon yang ditanam, apalagi pohon buah, sangat bermanfaat buat anak cucu yang menikmatinya. Selain kebutuhan oksigen yang ikut tercukupi dengan rindangnya tanaman,” tuturnya.

Ia berharap pada masyarakat, khususnya Kota Langsa, untuk mendukung kegiatan ini. “Karena ini bagian dari bekal anak cucu kita ke depan,” tutup Marzuki.

Reporter : Rusdi Hanafiah
Editor : Amin
Publisher : Oca

Tinggalkan Balasan